Ethiopia, Negara dengan Sistem Kalender Unik

Eh ternyata, ada loh negara yang tahun barunya tidak bareng dengan kita


Tahu gak sob, hari apa yang paling ramai di dunia? Satu hari di mana hari tersebut dirayakan oleh hampir seluruh manusia di bumi ini, apa pun agamanya, apa pun latar belakang pendidikannya, apa pun jabatannya, apa pun sukunya, apa pun bangsanya. Hmm, tahu gak?

Yap! Benar sekali sob, ini adalah hari tahun baru. Di setiap tahun baru, tak peduli siapa pun dia, hampir dipastikan dia pun juga merayakannya. Sebab, tahun baru adalah hari raya internasional yang sifatnya paling global. Bahkan, lebih global dari hari raya keagamaan bukan?

Ngomong -ngomong soal tahun baru, ada yang unik nih sob. Kamu tahu donk kapan tahun baru berlangsung? Ya, setiap tanggal 1 Januari. Sudah tahu khan, kalau penentuan tanggal 1 Januari di setiap tahunnya ini berdasarkan kalender matahari. Sistem kalender matahari ini sudah diakui secara internasional sob.

Nah, tapi nih sob, tahu gak sih, ternyata ada juga loh negara yang tidak menggunakan sistem kalender yang sama dengan negara -negara lain di dunia. Negara ini cukup populer loh sob! Ethiopia …


Sistem Kalender Unik Ethiopia

Negara yang terletak di benua Afrika ini memiliki sistem kalender dengan dasar perhitungan yang berbeda dengan sistem kalender matahari yang biasa kita pakai. Jadi, kalau kita seluruh dunia sedang heboh merayakan tahun baru, maka mereka tidak melakukannya sob.

Misalnya saja nih, ketika di tahun 2000 seluruh dunia sedang heboh merayakan hadirnya tahun millinium kedua, tapi tidak demikian dengan masyarakat di Ethiopia. Sebab, pada tahun tersebut, mereka masih berada di tahun 1994. Ini menurut sistem penanggalan yang mereka pakai loh ya.

Seperti apa sih sistem penanggalan di Ethiopia?

Jadi, negara Ethiopia memakai sistem penanggalan di mana dalam satu tahunnya, terdapat 13 bulan. Nah loh … lebih banyak satu bulan dari pada setahun di tempat kita ya sob?

Tapi, jumlah hari pada setiap bulannya tidak selalu sama loh. Untuk 12 bulan di antaranya, terdiri dari 30 hari. Sedangkan satu bulan yang lain, atau tepatnya di bulan ke -13, terdapat 5 atau enam hari. Wah wah … unik juga ya?

Penasaran gak sob, kog bisa begitu? Jadi nih, perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan persepsi yang terjadi antara Ethiopian Orthodox Church dengan Roman Catholic Church dalam menentapkan waktu lahirnya dunia.

Menurut Ethiopian Orthodox Church sih, ya tentunya apa yang mereka persepsikanlah yang benar. Jadi ya itulah yang mereka pakai sob. Gitu loh …



So, sudah tahu khan? Eh Ternyataa, ada juga ya negara di dunia ini yang memiliki sistem kalender berbeda dari yang lainnya. Ya si Ethiopia itu tuh …

Bagikan

Jangan lewatkan

Ethiopia, Negara dengan Sistem Kalender Unik
4/ 5
Oleh