Gerhana Matahari Terlama

Siapa yang tak tahu soal apa itu gerhana matahari? Tentu sudah tahu khan? Gerhana matahari adalah kondisi di mana matahari, bulan dan bumi berada pada posisi yang sejajar. Sementara bulan ada di tengah -tengah bumi dan matahari.

Nah, karena posisi inilah, maka cahaya dari matahari tidak bisa sampai ke bumi. Lantaran sumber utama cahaya di bumi adalah matahari, maka bila cahaya tidak bisa sampai ke bumi, artinya bumi akan menjadi gelap.


Namun, karena matahari cukup besar dan bulan cukup kecil, maka daerah yang mengalami kondisi gelap hanya di beberapa daerah saja. Artinya, tidak semua bagian bumi mengalami kondisi gelap pada waktu yang bersamaan.

Gerhana matahari yang terjadi juga tidak selalu menyebabkan kegelapan total. Sebab, terkadang masih ada cahaya yang menembus ke bumi walau sedikit. Gerhana matahari bisa berbentuk gerhana matahari total, sebagian atau cincin.

Lama waktu gerhana matahari pun juga bervariatif. Bisa hanya berlangsung selama beberapa detik saja, satu menit atau beberapa menit. Nah, tapi tahu gak sih berapa rekor gerhana matahari terlama yang pernah ada?

Gerhana matahari terlama

Nah, kalau menurut teori sih, gerhana matahari terlama bisa berlangsung maksimal sampai 7 menit 31 detik. Tapi, ini secara teori loh ya. Teori ini dihitung dari kemungkinan kecepatan lintasan matahari, bulan dan bumi, dan sepanjang apa suatu daerah dapat tertutupi cahayanya.

Lalu, bagaimana dengan kenyataannya ya? Benarkah pada kenyataannya, gerhana matahari bisa berlangsung selama itu? Hmm, faktanya, ternyata belum ada rekor gerhana matahari yang pernah mencapai durasi selama itu.

Gerhana matahari terlama yang pernah tercatat dalam sejarah dunia sih, hanya berdurasi 7 menit 8 detik. Wow! Lumayan lama juga sih ya. Hanya selisih beberapa detik dari durasi maksimal secara teori. Ow ya, gerhana paling lama tadi terjadi di Filipina loh. 

Nah, para ahli ternyata juga sudah memperkirakan akan terjadinya gerhana matahari yang memiliki durasi lebih lama dari yang pernah tercatat tadi. Perkiraannya yakni selama 7 menit 29 detik. Nyaris! Hanya kurang 2 detik lagi sama persis dengan teorinya ya.

Gerhana matahari terlama yang diperkirakan akan terjadi itu diramalkan berlangsung di tengah Samudra Atlantik pada tanggal 17 Juli 2186. 

Eh ternyata, masih lama juga yaaa … Nah, mau nonton gak kamu? Eittss…. Tapi masih lama ya …

Bagikan

Jangan lewatkan

Gerhana Matahari Terlama
4/ 5
Oleh