Bintang yang Paling Dekat dengan Bumi

Siapa yang mau jadi ahli astronomi alias ahli perbintangan sob? Eits, bukan bintang – bintang yang terkait shio, fengshui atau hal lain terkait loh sob. Tapi ini perbintangan astronomi yang semacam galaksi, bumi, dan bintang di luar angkasa gitu. 

Terlepas dari apakah kamu ingin jadi ahli astronomi atau pun tidak, tapi kamu pasti tahu donk ya kalau jagad raya alam semesta ini begitu luas. Bumi yang sudah kita anggap besar ini saja hanya seperti titik di dalam alam semesta yang luas sob. Dibandingkan dengan bintang yang kalau diliat dari bumi terlihat kecil sob, bumi kita malah lebih kecil loh sob ketimbang bintang.


Bintang terdekat dengan bumi dan bintang yang paling terang

Yap, bintang – bintang kecil yang gemerlapan di langit ini ada loh yang paling dekat dan yang paling terang. Sudah tahu bintang apa nama bintang yang paling dekat dengan bumi, dan bintang apa yang terlihat paling terang?


Bintang terdekat bernama Proxima Centauri

Nah, kalau nama bintang yang paling dekat dengan bumi nih, namanya adalah Proxima Centauri. Bintang ini terletak hanya 4, 23 tahun cahaya dari bumi. Wow, jauh banget ya? Tapi emang Proxima Centauri ini loh sob yang paling dekat. Sayangnya, meski letaknya paling dekat, bintang satu ini terlalu redup untuk bisa dilihat dengan mata telanjang sob.


Simak juga: Kisah Nyata Kimono Pembawa Sial di Tokyo yang Menggemparkan Jepang

Bintang yang tampak paling terang bernama Alpha Centauri




Nah, ada lagi nih sob yang letaknya cukup dekat dengan bumi, yakni sebuah bintang yang bernama Alpha Centauri. Jarak antara Alpha Centauri terhadap bumi sekitar 4,4 tahun cahaya sob. Sedikit lebih jauh ketimbang Proxima Centauri ya?


Meski Alpha Centauri tak sedekat Proxima Centari terhadap bumi, tapi bintang ini merupakan bintang yang paling terang dan cemerlang bila dilihat dari bumi loh sob. Bintang yang tampak paling bersinar terang ini terletak di rasi Centaurus di langit belahan selatan. Pernah lihat?

Yuk nanti malam kita mengamati langit sob. Karena eh ternyata nih, melihat bintang Proxima Centauri dan Alpha Centauri ini seru loh.

Bagikan

Jangan lewatkan

Bintang yang Paling Dekat dengan Bumi
4/ 5
Oleh