Cara Menghilangkan Rasa Pedas di Lidah Paling Efektif

Menikmati sambal pedas dan lezat bisa jadi hal yang sangat menyenangkan bagi para pecinta pedas. Tapi bagi mereka yang tak suka pedas, hmm, sedikit saja rasa pedas menempel di lidah, rasanya bisa sangat menyiksa deh. Iya gak sob? 

Nah, siapa nih yang mengaku pecinta pedas? Pasti gak keberatan donk kalau lidah dan mulut serasa terbakar karena sambal yang ekstra pedas sampai di level top. Duh, tapi bagi yang gak suka pedas, pasti gak rela deh ya kalau lama – lama merasakan panas di lidah dan mulut.

Nah, untuk itu, bagi kamu – baik yang pecinta pedas maupun enggak – yang sedang cari cara menghilangkan rasa pedas di lidah karena tak tahan dengan rasa terbakarnya, ini nih ada tips jitu paling efektif buat kamu. 


Minum air dingin / air hangat untuk menghilangkan rasa pedas itu gak ngefek

Yang paling banyak diketahui oleh masyarakat luas sih sob, cara menghilangkan rasa pedas di lidah itu biasanya dengan meminum air dingin. Ada juga yang bilang kalau minum air hangat lebih efektif. 

Padahal nih sob, minum air dingin atau air hangat sebernarnya sama saja loh sob. Rasa pedas di lidah tidak akan segerea hilang. Yang terjadi hanyalah pengaruh air hangat yang membuat pori – pori lidah jadi lebih besar sehingga lidah kita seolah mati rasa.


Simak juga: Air Terjun Niagara Berhenti Mengalir?

Minum susu – cara paling cepat menghilangkan rasa pedas

Nah, kalau cara yang paling cepat nih sob, kabarnya adalah dengan minum susu. Kog bisa susu ya sob? Jadi nih, rasa pedas yang tertinggal di lidah sehabis memakan cabai atau chili sauce ini disebabkan oleh suatu zat yang bernama kapsaisin.

Kalau kapsaisin ini masih tertinggal di lidah dan mulut, rasa pedasnya akan awet menyengati mulut kita sob. Jadi, kita harus cari cara untuk mengluarkan kapsaisin ini sob. Nah, dengan minum susu, maka ada zat kasein susu yang dapat berperan untuk ‘mengentalkan’ senyata kapsaisin dan kemudian ‘menarik’ mereka dari permukaan lidah sob.

Alhasil nih sob, rasa pedas di mulut setelah memakan cabai pun bisa segera sirna. Wow, hebat kan ni susu ya sob?




Kapsaisin yang menyebabkan rasa pedas ini sulit larut dalam air

Kalau kita minum air putih saja kurang efektif sob. Ini karena kapsaisin yang menyebabkan sensasi pedas ini sulit larut dalam air. Karenanya, minum air tidak bisa membantu menghilangkan rasa pedas. Teurtama bagi kamu yang memiliki lidah sensitif.


Letak kapsaisin dalam cabai

Masih bingung soal si kapsaisin yang menyebabkan mulut kita terasa terbakar sob? Jadi nih, kapsaisin ini terletak di dalam ‘urat’ putihnya cabai tuh loh sob, alias tempat melekatnya biji cabai. Jadi, bukan bijinya yang menyebabkan rasa pedas ya.

Maka dari itu, kalau ingin memasak sambal yang tidak terlalu pedas, kamu bisa membuang bagian tengah ini. Atau dengan mencuci dan merendamnya saja juga bisa berkurang sih.


Kapsaisin memiliki efek candu

Nah, ini nih yang jarang orang tahu. Kapsaisin pada cabai tu ternyata punya efek candu loh sob. Nah lohhh. Karenanya, banyak orang yang sering ketagihan memakan cabai. Eits, tapi sifat candu disini bukan seperti candu pada morfin atau marijuana loh ya. Melainkan sifat candu yang justru meningkatkan nafsu makan. Kalau ini sih aman ya sob.


Manfaat lain kapsaisin

Tak hanya membantu meningkatkan nafsu makan saja sob, kapsaisin dalam cabai ini ternyata juga punya efek positif loh. Salah satu manfaat lain adalah untuk membantu mencegah pengentalan darah sob. Jadi, kapsaisin ini eh ternyata juga punya sifat antikoagulan sob.

Selain sifat antikoagulannya, rasa pedas juga membuat orang cenderung akan meminum lebih banyak air. Karenanya, bagus juga deh buat mencegah pengentalan darah. Ia khan sob? Satu lagi manfaat lain dari kapsaisin alias cabai nih sob, yakni untuk mengurangi rasa pegal dan rematik. Eits, tapi ini digunakan untuk pengobatan luar dengan menjadikannya param kocok loh ya.

So, sudah tahu cara menghilangkan rasa pedas di lidah dan berbagai macam hal tentang rasa pedas ini? Ehh ternyata, susu bisa jadi cara paling efektif untuk menghilangkan rasa pedas di lidah ya sob.

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Menghilangkan Rasa Pedas di Lidah Paling Efektif
4/ 5
Oleh