10 Gunung Berapi dengan Letusan Terdahsyat di Dunia

Eh Ternyata, Indonesia Punya Banyak Gunung Berapi dengan Letusan Dahsyat Loh

Kalau berbicara tentang gunung berapi, pasti yang segera terbayang adalah di pikiran adalah soal ledakannya yang dahsyat bin menggelegar. Iya gak sob? Enggak? Oh noooo … Tapi memang yang namanya gunung berapi, ciri khasnya khan memang dari ledakan alias letusannya khan sob?

Sebuah gunung tak akan disebut sebagai gunung berapi kalau tak pernah meletus dan mengeluarkan magma serta lava pijar yang panas membara. Kalau tak pernah dan tidak bisa meletus, namanya ya gunung tidak berapi, atau mungkin gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi ya sob.

Tahu gak sob, kalau ternyata nih, Indonesia termasuk negara yang kaya akan gunung berapi loh. Banyaknya gunung berapi di Indonesia ini lantaran Indonesia dilewati oleh dua lingkar pegunungan aktif dunia, yakni sirkum mediterania dan sirkum pasifik. 


Letusan gunung berapi terdahsyat di dunia

Nah, tak hanya memiliki banyak gunung berapi, ternyata gunung -gunung api di Indonesia ini pun tercatat memiliki letusan -letusan yang dahsyat. Bahkan nih sob, banyak di antara gunung api di Indonesia yang letusannya tercatat sebagai yang terbesar alias terdahsyat di dunia loh.

Jadi nih, setidaknya 5 dari 10 gunung berapi dengan letusan terdahsyat di dunia tercatat berasal dari gunung api di Indonesia. Langsung saja yuk sob kita tengok mana saja sih 10 gunung api dengan letusan paling besar di dunia. Ini dia daftarnya :
1. Gunung Api Tambora, Indonesia.
Letusan terbesar terjadi di tahun 1815, dan menelan korban hingga 92 ribu jiwa. Kepulan asap dari letusannya membuat hampir sepertiga langit bumi menjadi gelap dan berlangsung berhari -hari.
2. Gunung Api Krakatau, Indonesia.
Meletusa tahun 1882, dengan menelan korban hingga 36.417 jiwa.
3. Gunung Api Pelee, Martinique.
Meletus tahun 1792, dengan menelan korban jiwa hingga 29.025 jiwa.
4. Gunung Api Ruiz, Colombia.
Meletus tahun 1985, dan letusannya menelan korban jiwa sebanyak 25.000 jiwa.
5. Gunung Api Unzen, Jepang.
Letusan tahun 1792, dengan menelan korban jiwa 14.300 jiwa.
6. Gunung Api Laki, Iceland.
Meletus tahun 1919, dan letusannya menelan korban jiwa 9.350 jiwa.
7. Gunung Api Kelud, Indonesia.
Meletus tahun 1919, dan letusannya menelan korban jiwa sebanyak 5.110 jiwa.
8. Gunung Api Galunggung, Indonesia.
Meletus di tahun 1882, dan letusannya menelan korban jiwa hingga 4.011 jiwa.
9. Gunung Api Vesuvius, Italia.
Letusan yang terjadi di tahun 1631 dengan korban jiwa tercatat sebanyak 3.500 jiwa, sedangkan letusan di tahun 79 M, dengan menelan korban jiwa 3.360 jiwa.
10. Gunung Api Papandayan, Indonesia.
Letusan di tahun 1772, menelan korban jiwa hingga 2.957 jiwa.

Eh ternyata, gunung api di Indonesia dahsyat juga yah sob. Tapi gawat juga sih kalau letusannya sampai memakan korban yang tidak sedikit seperti itu.

Bagikan

Jangan lewatkan

10 Gunung Berapi dengan Letusan Terdahsyat di Dunia
4/ 5
Oleh