Mainan Yoyo Awalnya adalah Sebuah Senjata Loh, Sudah Tahu?

Kamu pernah mainan yoyo sob? Atau kamu malah belum bisa memainkan yoyo dengan lihai? Iya, yoyo yang cara memainkannya ditarik ulur dengan menggunakan tali itu loh. Bermain yoyo memang tidak mudah ya. Sebagian orang mungkin memang bisa memainkan yoyo dengan mudah dan apik. 

Tapi, tak sedikit pula yang kesulitan memainkan yoyo. Melontarkan yoyo, memantulkannya dan menangkapnya kembali memang tidak mudah loh bagi sebagian orang sob. Kalau salah-salah, bisa-bisa yoyo melayang ke kepala dan, prakk, tentu saja mantap tuh sakitnya.

Hmm, ternyata yoyo memang bisa menyakitkan ya sob. Tapi nih sob, karena yoyo ini memang bisa menyakitkan, pernah gak terpikir kalau dulunya yoyo adalah sebuah senjata sob? 

Ya, kalau jaman sekarang sih, lebih banyak orang yang tahu kalau yoyo adalah sebuah mainan ya. Tapi nih sob, usut punya usut, eh ternyata, sejarah keberadaan yoyo ini diawali dari sebuah senjata loh. Kog bisa? Nih, ET ceritain ya.




Sejarah Yoyo dari bangsa Filipina

Yoyo sebetulnya sudah ada sejak lama loh sob. Sejarah yoyo bermula dari orang Filipina. Awalnya, orang Filipina membuat yoyo dari batang pohon merambat, yang bagian ujung-ujungnya diikatkan dengan batu-batu keras. Yah, namanya juga batu pasti keras donk ya.

Nah, yoyo ini digunakan dengan cara melemparkan batu-batu ini lewat batang rambatnya yang ditarik. Nah, yoyo ini nih yang biasa digunakan sebagai senjata karena kalau terkena batu-batu di ujungnya, tentu saja sakit ya sob.

Ow ya, ada yang terlewat nih soal asal mula nama yoyo. Jadi nih, kata yoyo berasal dari bahasa Tagalog Filipina sob, yang artinya adalah “mari, mari”.


Simak juga: Mengapa Kita Meniup Lilin Ulang Tahun?


Yoyo sampai di Amerika

Kemudian nih sob, yoyo ini berkelana sampai ke Amerika sob. Di tahun 1929, seorang Amerika bernama Donald Duncan mempunyai ide untuk mengembangkan yoyo buatan Filipina ini.

Donald Duncan lalu membuat yoyo yang pertama dari bahan kayu. Nah, kemudian, ia meminta orang Filipina memperagakan yoyo ini di sebuah pusat perbelanjaan di Amerika. Orang-orang Amerika ini pun merasa bahwa yoyo ini bisa dijadikan sebagai sebuah mainan.

Nah, berikutnya, ide untuk menjadikan yoyo sebagai mainan pun mulai dikembangkan. Sampai akhirnya nih sob, yoyo ini dibaut dari bahan plastik warna-warni. Yoyo dari bahan plastik warna warni ini lalu disebarkan di toko mainan dan dijual bebas.

Dan ternyata nih, respon masyarakat terhadap mainan yang awal mulanya dari senjata ini cukup besar sob. Banyak yang tertarik ternyata. Kamu juga kah? He.

Eh ternyata, yoyo si mainan seru ini awalnya dari senjata masyarakat Filipina ya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Mainan Yoyo Awalnya adalah Sebuah Senjata Loh, Sudah Tahu?
4/ 5
Oleh