Mengenal Kehebatan Suku Bangsa Inca yang Wow Banget Ini Yuk

Pernah mendengar nama ‘suku Inca’? atau bangsa Inca? Atau suku bangsa Inca? Apa aja deh, yang jelas, semua itu merujuk pada satu bangsa yang sama yakni Inca. Nah, lantas, siapa sih bangsa Inca itu?

Bangsa Inca adalah orang-orang Amerika Selatan yang suskes menciptakan kekaisaran yang luar biasa hebat loh sob. Ya, kehebatannya begitu termasyur di dunia. Mereka membangun sebuah kekaisaran hebat di daerah Amerika pada sekitar tahun 1400. 

Ibu kota Inca ini disebut sebagai Cuzco, yang artinya ‘pusar’. Ini karena ibu kota bangsa Inca kala itu dianggap sebagai pusat dari dunia mereka.

Terus, apa benar suku Inca ini dikenal sebagai bangsa yang hebat sob? Betul lah. Mau tahu apa saja kehebatan bangsa Inca ini? Okaylah, sini ET kasih tahu ya beberapa kehebatan suku bangsa Inca. Simak baik-baik sob.




1. Penguasa Inca disebut Sapa Inca, dan dianggap sebagai putra matahari.

Ini hebat dari sisi keyakinannya ya sob. Jadi, Sapa Inca dianggap sebagai dewa yang hidup. Untuk diketahui, bangsa Inca ini memang menyembah matahari ya. Ia juga mempunyai permaisuri yang merupakan saudara perempuannya sendiri yang disebut sebagai Ccoya.


2. Bangsa Inca berawal dari suku di dataran tinggi peru

Ya, ia memang hanya sebuah suku dari dataran tinggi di Peru. Tapi, justru ini hebatnya sob. Mereka kemudian sukses membangun sebuah kekaisaran besar dalam waktu singkat di tahun 1438. Ya, raja mereka adalah pachacuti Inca Yupanqui yang kemudian menjadi Sapa Inca (raja) mereka.


Simak juga: Hantaran dan Tata Cara Lamaran dalam Adat Jawa

3. Parachuti dan Putranya sukses membesarkan kekaisarannya hanya dalam waktu 50 tahun

Ini adalah prestasi yang luar biasa sob. Bayangkan saja, hanya dalam waktu 50 tahun, si Parachuti yang menjadi Sapa Inca tadi nih, sukses membangun sebuah kekaisaran yang besar bersama dengan putranya. 


Sebesar apa? Kekuasaannya ini membantang seluas 4.000 km loh. Kekuasaannya meliputi tempat yang sekarang dikenal sebagai Peru dan Chili. Hebat bukan sob?


4. Prajurit Inca adalah yang terhebat dalam hal disiplin dan senjata

Ya, prajurit Inca dipercaya punya disiplin yang sangat tinggi. Selain itu, mereka pun punya senjata hebat yang mematikan. Hmm, senjatanya berupa ketapel, kapal perunggu, dan juga tombak.


5. Insinyur Inca adalah yang terhebat

Tahukah kamu betapa hebatnya insinyur suku Inca? Mereka mampu membangun jalan sepanjang 30.000 km dengan waktu yang singkat. Jalanan ini pun rata dan melewati kekaisaran, melintasi jurang yang dalam dan tentu termasuk pembangunan jembatan bersuspensi. 

Wow, semua itu di abad ke 15? Super sekali bukan?


6. Suku Inca mempunyai pelari yang terhebat

Yang ini hebat sekaligus unik sob. Jadi, bangsa Inca ini selalu berhubungan dengan pejabat lokal melalui para pelarinya. Para pelarinya ini bergantian berlari setiap 2,5 km.

Jadi, satu pesan dapat tersebar sejauh 250 km dalam waktu kurang dari sehari sob. Wow banget nih.


7. Hebatnya para peerja bangunan suku Inca

Bahkan sob, para pekerja bangunan suku Inca pun begitu hebat dalam memotong dan mengatur batu-batu besar sob. Dengan ketepatan yang mengagumkan, mereka bisa menciptakan angunan-bangunan yang sangat besar dan megah.


8. Istana kerajaan yang hebat

Suku Inca juga punya istana kerajaan yang hebat loh. Di istana suku Inca, terdapat sebuah taman penuh dengan makhluk hidup tiruan seperti batang-batang jagung, binatang-binatang dan aneka burung.

Menariknya, makhluk hidup tiruan ini semuanya terbuat dari emas padat murni. Waah waah, berkilauan sekali pasti ya? Kurang hebat apa lagi nih si bangsa Inca ini? Eh Ternyata, ada yang punya pengetahuan dan kemampuan sehebat itu di jaman dulu kala ya sob? Masak kita di jaman modern kalah sih.

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Kehebatan Suku Bangsa Inca yang Wow Banget Ini Yuk
4/ 5
Oleh