Ini Dia Hebatnya Suku Bangsa Maya

Eh Ternyata, Ada Banyak Hal Menakjubkan dari Sejarah Suku Bangsa Maya Loh


Masih ingat beberapa tahun lalu ketika dunia santer dikabarkan akan mengalami kiamat sob? Ya, tanggal 12 bulan 12 tahun 2012 silam, seluruh masyarakat dunia gencar sekaligus was -was karena kabar kiamat yang diprediksi datang pada tanggal tersebut.

Ramalan kiamat serupa sebetulnya juga pernah menggegerkan warga dunia di tanggal 9 bulan 9 tahun 1999 silam, yang nyatanya toh juga tidak terbukti. Ternyata, ramalan kiamat tanggal 12 -12 -2012 pun juga tidak terbukti ya sob. Nyatanya kamu -kamu masih bisa baca tulisan ini khan?

Padahal, kalau diingat -ingat, dunia memang sempat geger karena berita tersebut. Sampai -sampai, banyak bermunculan film bertemakan kiamat 2012, seperti 2012, doomsday dan lainnya. Menariknya lagi nih sob, seminar -seminar dan stasiun televisi pun banyak yang membahas mengenai doomsday alias hari kiamat tersebut.

kalender bangsa Maya

Bangsa Maya dan Ramalan Kiamat

Tapi, masih ingatkah kamu kalau isu kiamat ini berasal dari tafsir kalender penanggalan bangsa Maya? Sisa -sisa peninggalan bangsa Maya dinilai meninggalkan pesan bahwa tanggal 12 - 12 - 2012 tersebut akan menjadi hari pemurnian zaman. Dunia diyakini akan mengalami kehancuran besar seperti kiamat untuk memurnikan dirinya kembali.

Yang membuat ramalan ini menjadi santer adalah banyak bukti yang menunjukkan akan keabsahan dan kehebatan ramalan bangsa Maya ini sob. Deretan ramalannya diyakini selalu tepat dan terbukti. Hal inilah yang membuat banyak masyarakat dunia yang merasa khawatir kalau -kalau ramalan kiamatnya kala itu juga akan terjadi.

Hmm, beruntungnya sih sob, ramalan kali ini tidak terbukti. Entah karena memang ralamannya meleset, atau yang membaca ramalan yang salah. Tapi nih, kali ini kita tak akan membahas mengenai ramalan dooms day ini ya sob. Kali ini, kita mau bahas kehebatan bangsa Maya ini sob.

Ya, walau pun ramalan kiamat 2012 tidak terbukti, tapi tak bisa dipungkiri kalau bangsa Maya ini memang hebat. Jadi, tak ada salahnya kita menengok sebentar tentang sejarah suku bangsa Maya ini ya.

Kehebatan Bangsa Maya dalam ilmu astronomi

Keahlian Bangsa Maya yang paling populer adalah dalam ilmu astronomi. Di zama setua itu, bangsa Maya sudah mempunyai pengetahuan mendalam mengenai orion loh sob. Ya, mereka tahu betul tentang orion dalam ilmu astronomi, bahkan sebelum teleskop ditemukan.

Eits, bangsa Maya ini tak hanya tahu tentang konstalasi bintang orio loh, tapi mereka pun tahu mengenai posisi konstelasi dan orion nebula dengan ketepatan yang luar biasa. Bahkan, sepertinya banyak di antara kita yang masih  belum tahu tentang ilmu itu ya sob?

Ketepatannya hanya berbeda 1/70 derajat dari perhitungan modern loh sob. Hmm, nyaris sempurna. Padahal, untuk mengetahui ilmu perbintangan ini kabarnya sangat sukar loh. Para pakar astronomi pun mengakui kalau perbintangan orion ini sangat membingungkan mereka.

Para ahli astronomi modern pun masih butuh teleskop dan metode pengamatan yang canggih di abad ke -19 untuk bisa membuahkan hal yang serupa. Hebatnya? Ow ya, tapi dari segi ilmu astronomi ini, objek terpenting bangsa Maya bukanlah Matahari seperti kita ya, melainkan Venus. Hmm, kenapa ya sob?

Siklus Bumi Menurut Bangsa Maya

Ow ya, bangsa Maya juga pernah menguraikan mengenai siklus bumi ini loh. Yah ini nih, sebuah hasil penelitian yang sempat dibahas untuk menguatkan prediksi kiamat 2012. Terlepas dari ramalan kiamat 2012 itu, bangsa Maya memang mengungkapkan bahwa Bumi ini telah mengalami empat kali siklus panas -dingin.

Bangsa Maya menemukan bahwa Kutub Selatan bumi ini pernah memiliki vegetasi sekitar 40 ribu tahun yang lalu. Hal ini pun dibenarkan oleh para ilmuwan modern sob. Ilmuwan -ilmuwan yang meneliti es bumi di Kutub Selatan melakukan pengeboran es hingga kedalaman 2 km.

Nah, dari pengeboran ini, mereka menemukan bahwa dalam waktu 10 ribu tahun terakhir ini, bumi memang mengalami pemanasan. Nah, sekarang ini nih, kita sedang berada pada puncak masa pemanasan tersebut.

Hal ini pun membuktikan bahwa Kutub Selatan magnetic Bumi yang dahulu ini tidak berada di Kutub Selatan Bumi yang sekarang sob, melainkan ada di titik lainnya. Ada juga kemungkinan kalau kutub Selatan Bumi ini nantinya akan mengalami pergeseran kembali yang mengakibatkan perubahan iklim global yang esktrim.

Hilangnya Suku Bangsa Maya

Kalau soal hilangnya suku bangsa Maya ini sampai sekerang sebetulnya masih diperdebatkan oleh para ahli sob. Suku Bangsa Maya mengalami puncak kejayaan di tahun 250 hingga 900 Masehi.

Namun, entah apa alasan tersebut -yang masih diperdebatkan tadi -, bangsa Maya tiba -tiba mengalami kehancuran di abad ke -9 dan 10. Mereka berhamburan meninggalkan kota -kota besarnya untuk bersembunyi di hutan -hutan. Hmm, kabarnya sih, mereka seperti sedang menghindari sesuatu sob.

Teka -teki ini juga tertuang dalam inskripsi monumen di Yucatan, yang berupa mural yang dipahat pendeta suku Maya. Mural tersebut berarti “Kegelapan Malam” telah mendatangi mereka, dan “devour their soul”.

Arti dari inskripsi tersebutlah yang selama ini menjadi perdebatan para arkeoloig. Ada yang mengartikan kalau inskripsi tersebut merupakan natural disaster atau bencana alam. Ada pula yang mengartikannya sebagai human intervene of non natural disaster alias campur tangan manusia terhadap hal yang bukan bencana alam.

Sayang ya arena suku bangsa Maya yang hebat ini telah musnah. Tapi, sudah tahu khan, eh ternyataa, suku bangsa Maya ini memang hebat juga ya? Setuju?

Bagikan

Jangan lewatkan

Ini Dia Hebatnya Suku Bangsa Maya
4/ 5
Oleh