Mengapa Kita Meniup Lilin Ulang Tahun?

Selamat ulang tahun, selamat ulang tahun. - Tiup Lilinnya – tiup lilinnya – tiup lilinnya sekarang juga, sekarang juga – sekarang juga. Yeey!!

Haio, siapa yang lagi ulang tahun nih? Nah, sudah tahu donk, kalau setiap kali ada yang ulang tahun, atau ada pesta perayaan ulang tahun, ritual meniup lilin adalah hal yang wajib. Iya khan? Pasti pernah donk sob, meniup lilin ulang tahun?

Biasanya lilin ulang tahun ini ditata di atas kue, dinyalakan, lalu setelah selesai menyanyikan lagu, maka lilin – lilin kecil ini pun ditiup. Wusss…. Dan selanjutnya, tibalah saatnya untuk menutup mata dan mengajukan harapan – harapan ulang tahun. Hmm, semoga semua harapan terkabul dan hari – hari selanjutnya bisa jauh lebih baik dalam segala hal. Bukan begitu?

Tapi, tahu gak sih, kenapa ada ritual tiup lilin ulang tahun ini? Hmm, penasaran gak sih mengapa setiap kali ulang tahun, kita selalu meniup lilin. Ritual ini bahkan dilakukan di hampir semua manusia di permukaan bumi loh sob. Mulai dari orang – orang di Amerika, Eropa, Afrika, Australia, juga para manusia di Asia seperti kita ini nih sob. 

Hampir setiap orang tahu kalau ulang tahun itu identik dengan tiup lilin. Tapi sepertinya tak banyak orang yang tahu kenapa setiap kita meniup lilin ulang tahun ini. Kalau belum tahu nih sob, sini, ET mau ceritain awal mula sejarahnya ritual tiup lilin ulang tahun ini.




Adat tiup lilin ulang tahun orang Yunani Kuno

Jadi nih sob, pada mitologi Yunani Kuno, ada seorang dewi yang bernama Dewi Artemis. Dewi Artemis ini adalah seorang Dewi berburu sob. Sang dewi ini juga berulang tahun loh. 

Nah, pada hari keenam setiap bulan ulang tahun Artemis ini, maka orang – orang Yunani Kuno akan membuat kue madu dengan lilin – lilin yang menyala di atasnya.
Masyarakat Yunani Kuno menyalakan lilin ini dengan tujuan untuk menghormati sang Dewi Artemis. Nah, ritual dilanjutkan lagi, ketika setelah semua lilin padam, maka mereka pun akan berdoa kepada dewi Artemis agar mendapatkan hadiah sob.

So, kalau kamu meniup lilin dari kue ulang tahunmu, artinya kamu juga mengikui adat yang diciptakan oleh orang – orang Yunani Kuno ini nih sob. Bahkan di masa kini pun, masyarakat masih berdoa setelah meniup lilin ulang tahun mereka, dan berharap doa mereka bisa dikabulkan. Bukan begitu?

Hmm, eh ternyata, adat tiup lilin itu diciptakan oleh masyarakat Yunani Kuno dan berhasil merambah sampai ke seluruh dunia ya?

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengapa Kita Meniup Lilin Ulang Tahun?
4/ 5
Oleh