Sudah Tahu Fakta Unik Tentang Kucing Ini?

Cute abies, mungkin itu dech yang bisa menggambarkan tentang kucing ya? Hewan unyu satu ini memang sering jadi sasaran kegemasan lantaran unyunya gak ketulungan ya sob. Dengan muka unyu tanpa dosa, gaya manja dan bulu lebatnya, sempurna sudah penampilan si kucing ini sebagai makhluk paling lucu di dunia. 

Ups, meski ada juga sih ya yang alergi dengan si kucing lucu ini. Tapi sepertinya, lebih banyak yang setuju kalau si kucing ini lucu ya sob? Haio, sob setuju yang mana? Kucing itu lucu dan menggemaskan, atau menggelikan dan bikin alergi? 

Dach dech, itu bukan pembahasan penting pula ya? Yang lebih penting nih sob, si kucing lucu ini ternyata punya fakta – fakta unik yang jarang diketahui orang loh. Nah, so, kali ini, yuk kita bahas tentang fakta unik tentang kucing yang belum banyak diketahui orang nih sob.

Sob udah tahu belum ya tentang fakta – fakta unik ini? Tengokin dulu dech ya sob, fakta unik tentang kucing, makhluk super unyu ini.




1. Udah tahu belum sob kalau kucing dnegan bulu putih dan mata biru ini biasanya terlahir tuli loh. Nah loh, tapi meski begitu, indera lain mereka tetap berkembang lebih baik loh sebagai gantinya. 

2. Sob udah tahu belum berapa jumlah kaki pada kucing? Coba di cek dech. Kucing ini punya 5 jari di kaki depan, hmm, sama dengan manusia dech ya? Tapi, coba tebak berapa jumlah jari kaki belakang kucing? Cuma empat sob. Tapi nih, pada beberapa kucing, ternyata ada juga loh yang terlahir dengan jari yang jumlahnya sampai 7 buah, bahkan ada juga yang punya tulang tambahan.
3. Berapa haio jumlah gigi pada kucing? Kucing dewasa punya sekitar 30 gigi sob. Nah, kalau anak kucing, jumlah giginya juga banyak kog, tapi emang cuma 26 sich. Selisih dikit lah ma induknya.

4. Kumis kucing nan ajaib. Begitu kira – kira bisa disebutnya sob. Kumis kucing ini ternyata super sensitif sob. Jadi, dari kumis ini, kucing bisa merasakan perubahan tekanan udaha, bahkan yang kecil sekalipun loh sob. Kumis kucing yang sensitif ini juga nih yang bisa jadi penuntun alternatif saat kucing berada di kegelapan yang membuatnya tak bisa melihat.

5. Soal usia kucing tentu beda dengan manusia donk ya. Nah, perbandingan usia kucing dan manusia itu cukup banyak loh sob. Jadi, bila si kucing berusia 6 bulan, maka usianya setara dengan usia 10 tahun pada manusia.

6. Nah, yang ini nih unik banget sob. Kalau kamu lagi butuh sinar UV untuk melihat nih sob, kabarnya kamu bisa menggunakan kencing kucing, karena pipis si mpus ini ternyata bisa menyala dalam gelap. Nah lohh…

7. Kucing adalah hewan predator paling hebat di dunia. Bushet, bener loh sob, terutama kucing rumah. Kucing rumahan mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu spesies nih sob, yang bahkan bisa mengalahkan spesies kucing besar alias singa, harimau atau sejenisnya, dimana para kucing besar ini cuma bisa memangsa kurang dari 100 spesies. Wow banget yah?

8. Sudah tahu berapa lama kucing berasosiasi dengan kehidupan manusia? Lama banget dech sob, kabarnya udah sejak sekitar 3500 tahun lalu loh. Kala itu, para manusia Mesir sudah bekerja sama dengan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lain yang mengganggu panen mereka.

9. Kucing adalah makhluk tidur yang hebat. Yap, kucing kuat tidur lama loh sob. Waktu tidur kucing bervariasi antara 12 hingga 16 jam per hari. Rata- rata sih si kucing tidur selama 13 hingga 14 per hari. Tapi, ternyata tak sedikit juga kucing yang bisa tidur sampai 20 jam dalam sehari sob. Woah, tidur mulu donk ya kerjaannya?

10. Percaya gak sob, kalau di dunia ini cuma ada 1 % populasi kucing yang termasuk jalur murni alias ras. Nah, sisanya merupakan hasilpencampuran dari berbagai rasa atau lebih sering dikenal dengan sebutan kucing kampung. Yah mungkin karena hal ini yah kucing ras lebih banyak dicari dan mahal.

11. Air liur kucing punya daya pembersih yang kuat loh. Itu sebabnya si kucing termasuk makhluk yang gemar menjaga kebersihan karena ia pun sering merawat diri dengan menjilati tubuhnya. Eits, tapi nih, jilatan kucing ini bisa juga memicu alergi pada manusia loh.

12. Berat badan kucing ini umumnya hanya berkisar antara 2,5 kg sampai 7 kg saja sob. Dan amat jarang kucing yang berat badannya bisa lebih dari 10 kg, kecuali si mpus makannya berlebihan atau obesitas.

13. Di abad pertengahan, kucing sempat dianggap memiliki kaitan erat dengan para penyihir. Akibatnya, kucing pun sering dibunuh dengan cara dibakar dan dilempar dari tempat yang tinggi. Duh, kacian si mpus padahal gak tahu apa – apa ya? Tapi, akibat tindakan ini, populasi tikus jadi meningkat dan mengakibatkan wabah pes menyebar dengan cepat di Eropa. Hmm, takhayul di abad ke-14 ini justru mengakibatkan wabah Black Death lantaran jumlah tikus yang membawa wabah pes jadi tak terkendali.

14. Mata kucing memiliki lapisan pemantul cahaya yang disebut tapetum lucidum. Nah, lapisan ini loh sob yang menyebabkan mata kucing berpendar ceria di malam hari. Lapisan ini juga nih sob yang membuat penglihatan si kucing 6 kali lebih kuat dibanding mata manusia, terutama saat di dalam cahaya minim.

15. Kalau nulis suara kucing di Indonesia gimana sob? Yup, betul banget “Meong”. Tapi tahu gak sob gimana nulisnya kalau di bahasa Inggris Amerika? Nulisnya jadi “Meow”, nah kalau dalam bahasa Inggris di negara Inggris sendiri sih nulisnya “Miaow. Kalau bahasa Jepang nih paling unik sob, nulisnya “Nya”. Lohhhh… Eh Ternyata, unik dan lucu juga ya nyebutnya suara si kucing unyu ini?

Bagikan

Jangan lewatkan

Sudah Tahu Fakta Unik Tentang Kucing Ini?
4/ 5
Oleh