Kenapa Air Laut Asin Tapi Air Sungai dan Air Danau Tidak ya?

Sob pernah gak sih berfikir kenapa air laut asin? Haio, ada gak yang tahu jawabannya? Kalau jawab karena kandungan garamnya yang tinggi, haduh, bisa juga sih. Tapi itu kurang detail sih sob. Khan kenapa air laut asin tuh ya sama juga dengan pertanyaan kenapa kandungan garam di laut itu tinggi? 

Padahal, air sungai dan air danau tidak asin alias tidak memiliki kandungan garam yang tinggi loh. Padahal, air laut khan juga merupakan muara dari para air sungai dan air danau yang mengalir khan? Terus kenapa begitu sampai laut bisa berubah asin ya?

Okay dech. Hal ini memang jadi pertanyaan yang seru dan menantang nih. Tapi ada kog jawabannya. Tahu gak sih sob berapa usia air laut itu? Haduh. Siapa donk yang tahu ya? yang jelas sangat sangat sangat tua lah ya. Khan air laut ini tentunya sudah ada sejak pertama bumi terbentuk khan? Mungkin sih.




Siklus hujan dan air laut

Jadi gini nih ceritanya sob ET jelasin dari awal dulu yah. Cerita alias kronologinya sih, air hujan tuh mencuci daratan sob. Kemudian, masuk ke dalam parit, masuk ke sungai dan juga nyebur ke danau. Nah, para air ini kemudian mengalir sob, mengalir sambil mengangkut garam – garam yang terlarut, dan dibawalah sampai ke laut. 

Jadi sebetulnya nih, air sungai, air danau, air parit tuh juga memiliki kandungan garam sob, cuma ya sedikit. Nah bedanya air laut dan air yang masuk ke laut ini adalah usianya. Air laut ini usianya jauh lebih tua ketimbang selurh air yang ada di bagian lain di bumi sob.


Simak juga: Mainan Yoyo Awalnya adalah Sebuah Senjata Loh, Sudah Tahu?


Usia air laut

Tahu gak sob berapa usia air laut? 4 atau 5 milliar tahun sob. Woah. Keren. Jadi, selama sekian milliard tahun nih sob aur laut telah mengalami daur ulang terus menerus sob. Air ini lalu diuapkan kemudian jatuh lagi ke daratan dan mengalir lagi deh ke laut sambil membawa muatan garam yang baru.

Nah, karena adanya siklus alam yang berlangsung terus menerus selama miliaran tahun ini, yang sambil mengumpulkan garam di permukaan bumi lain ini nih sob, kadar garam di laut pun juga semakin bertambah dan akhirnya ya semakin asin sajalah sob.

Gimana sob, udah tahu belum kenapa air laut asin? Eh Ternyata, air laut tu asin karena usianya yang lama dan siklusnya yang panjang jadi bisa mengumpulkan garam – garam dari permukaan bumi lain yach?

Bagikan

Jangan lewatkan

Kenapa Air Laut Asin Tapi Air Sungai dan Air Danau Tidak ya?
4/ 5
Oleh