Legenda Patung Emas Terbesar di Dunia

Tahu gak sob, patung emas terbesar di dunia? Tahu donk, atau belom tahu? Okay dech sob, bagi yang belum tahu, sini mari saya ceritakan. Yuk merapat.


Vihara populer dengan patung Budha emas besar

Jadi nih sob, konon kabarnya, beberapa ratus tahun yang lalu nih pernah ada sebuah vihara populer dan banyak dikunjungi oleh banyak orang, ya terutama mereka para kaum Budha yang hendak beribadah ya sob.

Vihara tersebut jadi tempat ibadah yang cantik dan juga megah. Bahkan, vihara tersebut dikenal memiliki patung Budha yang terbuat dari emas dengan ukuran luar biasa besar. Keren yach sob? Tentu saja setiap orang menjaga vihara dan segala benda sakral di dalamnya dengan sangat baik.


Vihara terancam karena perang

Hingga di suatu hari terjadilah perang sob. Banyak vihara yang menjadi korban jarahan, dan termasuk juga dengan vihara yang terkenal dengan patung emasnya tadi. Benda – benda sakral di setiap vihara tak luput dari sasaran jarahan. Yach, termasuk peralatan sembahyang, dan patung – patung yang terbuat dari emas pun juga dirampas sob. 

Meski para penjarah melihat nilainya dari ukuran emasnya, tapi bagi para biksu tentu lain cerita. Tak hanya emasnya saja yang berharga, tapi simbol dari patung itu khan adalah benda suci untuk ibadah, jadi itu jauh lebih berharga ketimbang sekedar emas khan sob.




Patung Budha Emas ditutupi lumpur

Nah, karenanya, dengan alasan keamanan, patung Budha emas yang super besar dan sangat berharga tadi pun diputuskan untuk ditutupi dengan lumpur. Tujuannya ya agar emasnya tak tampak, jadi para penjarah pun tak berniat merampas patung yang mereka ketahui cuma terbuat dari lumpur yang tak berharga bagi mereka.

Setiap hari nih sob, lapisan lumpurnya selalu ditambah sampai sangat tebal sob. Singkat cerita, puluhan tahun pun berlalu nih sob dan perang pun usai sudah. Syukurlah. Tapi, para biksu tidak lagi berani mengupas lapisan lumpur tersebut karena ternyata sudah mengeras seperti semen sob. Mereka takut akan membuat patung berharga mereka jadi rusak.


Simak juga: Asal Usul Nama Paman Sam untuk Amerika Serikat


Patung Budha berubah jadi batu dan dibiarkan terbengkalai

Alhasil, patung Budha emas tadi pun dibiarkan tampak seperti apa adanya, ya, seperti patung batu. Sampai puluhan tahun pun berlalu lagi. Dan pada akhirnya, tak ada lagi yang tahu tentang kebenaran dari patung emas Budha tersebut. Hmm, sayang sekali ya sob?

Bahkan, vihara yang dulunya berharga itu pun terbengkalai dan kondisinya sungguh begitu menyedihkan. Burung – burung membuat sarang di sekitarnya, sampah dan kotoran berserakan menghiasi patung batu tadi.

Melihat kondisi menyedihkan yang terjadi para tempat ibadahnya, seorang biksu pun merasa prihatin. Ia lalu mengusulkan proyek untuk memindahkan benda bersejarah yang ia ketahui adalah sebuah patung batu berwujud Budha yang besar. Bagaiamana pun juga, meski terbuat dari batu, patung Budha tersebut tetaplah berharga karena merupakan warisan sejarah dan benda sakral baginya.


Patung Budha yang retak

Hanya saja, sebuah kecelakaan membuat pecahan pada patung Budha tersebut sob. Hmm, sang biksu pun merasa sangat sangat sangat menyesal sob. Ini karena idenya, patung batu kuno yang berharga itu jadi rusak.

Lalu, dengan sepenuh daya upaya, ia berusaha untuk memasang kembali kerusakannya. Dan tiba – tiba nih sob, betapa kagetnya si biksu ketika ia melihat kilatan cahaya keluar dari lubang tempat pecahan batu tadi sob.

Lalu, permukaan patung itu malah dibuka lebih banyak lagi. Dan tahu gak sob? Eh Ternyata, isinya emas sob. Ketika dibongkar dan dibersihkan dari lumpur yang sudah membatu itu sob, jadilah sebuah penemuan sejarah terbesar berupa patung Budha dari emas murni terbesar di dunia.


Kisah Patung Budha Emas Terbesar di Dunia yang ada di Thailand

Percaya gak sob? Ini tak hanya sekedar legenda fiktif loh sob. Kisah ini asli sob. Sumpah dech. Sampai sekarang nih, patung emas Budha yang super gede ini masih ada di salah satu vihara terkenal di Kota Bangkok dan menjadi salah satu tujuan utama paling favorit para turis yang datang ke Bangkok Thailand.

Eh ternyata, patung batu yang super itu ternyata berisi emas yach sob? Udah pernah mengunjunginya belum nih sob?

Bagikan

Jangan lewatkan

Legenda Patung Emas Terbesar di Dunia
4/ 5
Oleh