Asal Usul Nama Paman Sam untuk Amerika Serikat

Siapa Sebenarnya Paman Sam?

Tentu Sob sudah tidak asing dengan Negeri Paman Sam. Hah??? masih asing? Negara Paman Sam itu sebutan untuk Negara Amerika Serikat sob. Sudah tahu khan sekarang? oke ET akhiri tulisan ini, heheheh. Eits, tenang ET tidak cuma main tebak - tebakan aja kok.

Tapi ET yakin kog, pasti banyak diantara para pembaca tercinta ET ini yang sudah akrab dengan nama Paman Sam alias si Amerika Serikat ini khan.

Kalau sudah tahu bahwa Negara Paman Sam itu adalah Amerika, yang menjadi pertanyaan sekarang mengapa Amerika diberi julukan tersebut?

Kerasa aneh gak sih? Lha negara kayak Amerika kog disapa dengan sapaan Paman? How? Penasaran? Penasaran?

Sob tahu gak sih, siapa sebenarnya sosok Paman Sam ini? Sampai - sampai bisa jadi nama sebutan dari neger super power Amerika. Apa Paman Sam ini punya pengaruh yang besar terhadap sejarah besar Amerika?

Oups, Paman Sam Bukan founder dari Amerika ya sob. Dari pada ngelantur sampai mana - mana, oke dech ET jelasin dulu nih, simak ya ...

Jadi, Paman Sam memiliki nama panjang Samuel Wilson. Dia itu sebenarnya cuma seorang pengusaha daging dari Trov, New York. Yap, sama sekali bukan presiden apalagi penemu benua ini loh. Nah, singkat cerita, di tahun 1812 ia mensuplai daging untuk angkatan darat Amerika Serikat.


paman sam

Daging - daging tersebut ia masukan ke dalam kotak - kotak untuk pengemasannya. Nah, semua kotak yang ia kirim ini diberi label US sob. Eits, tapi US disini bukan singkatan dari United States loh sob. 

Banyak juga orang yang mengira kalau US singkatan disini dari United States, habisnya emang dikirim untuk angkatan darat Amerika Serikat alias US khan.

Padahal, US yang dimaksudkan di kotak ini adalah singkatan dari Uncle Sam loh sob. Lalu kapan Uncle Sam terkenal dengan US-nya ini mulai terkenal donk?

Uncle Sam alias Paman Sam pun mulai terkenal saat tahun 1916 dalam Perang Dunia 1. Namun, dia tidak ikut terjun ke medan perang loh sob. Dan juga gak jadi tentara atau malah pemimpin regunya. Paman Sam malah dijadikan ikon poster yang dibuat oleh seorang kartunis James Montgomery Flagg.

Ini bukan poster biasa. Ehh Ternyata .. poster inilah digunakan untuk merekrut tentara yang akan diajak berperang saat itu sob. Di poster itu, Uncle Sam pun beraksi dengan gaya menunjukan tangannya yang dibawahnya bertuliskan "I Want You".

Poster yang kreatif sampai - sampai bisa menarik prhatian dan membuat nama Uncle Sam pun ikut melambung ya sob. So, Sudah Tahu Khan? Kalau asal usul boneka teddy bear sudah tahu belum? :P

Bagikan

Jangan lewatkan

Asal Usul Nama Paman Sam untuk Amerika Serikat
4/ 5
Oleh