Pohon Tertua Di Dunia

Eh Ternyata ... Pohon Tertua Di Dunia Umurnya Hampir 10.000 Tahun

Tahu gak sob, 10.000 tahun yang lalu seperti apa kira - kira penampakan muka bumi ini? Saat itu, tentu saja peradabannya masih sangaaat tua. Dan yang jelas, kita - kita ini masih ada di negeri khayalan saya ya sob. Dijamin dech, tak ada manusia yang hidup saat ini yang berasal dari jaman 10.000 tahun yang lalu. Ya, terang aja lah, khan manusia tertua di dunia saat ini aja usianya gak sampai 200 tahun yaa ...

Tapi tahu gak sob, kalau ada makhluk hidup yang sudah hidup sejak sekitar 10.000 tahun yang lalu, dan sampai saat ini pun makhluk tersebut masih tetap hidup loh sob. Gak peraya? Beneran. Tapi, memang bukan manusia sob. Ini adalah sebatang pohon yang unik sob.

Uniknya dimana? Ya, jelas tadi dari usianya khan sob. hahaha.. Tapi emang gak hanya itu kog. Karena tak seperti pohon - pohon tua lainnya yang besar dan menjulang tinggi ke angkasa, si pohon tua ini malah hanya memiliki tinggi sekitar 4 meter saja loh sob.

Tahu gak pohon tertua di dunia ini jenis pohon apa dan hidupnya dimana? Nih, ET kasih tahu ya sob, Jadi inilah sebuah spesies pohon setinggi cuma 4 meter yang berasal dari jenis pohon 'SPRUCE IONE NORWEGIA'. Pohon ini baru ditemukan di semak - semak pegunungan di ketinggian 910 meter di Provinsi Dalarna, Swedia, tahun 2004 yang lalu.
Pohon Tertua Di Dunia
Jenis pohon ini sih bukan jenis pohon langka sob, karena sering dijadikan sebagai pajangan pohon natal oleh masyarakat Swedia. Namun, pohon yang satu ini, bisa dibilang spesial karena diperkirakan telah hidup sejak jaman es loh sob. Wuiihhhh.... masa?

Iya, sob. Sudah banyak para peneliti dan profesor ekologi dan lingkungan hidup yang mencoba mempelajari pohon tertua di dunia ini. Menurut salah seorang Profesor dari Universitas Umea Swedia, Leif Kullman, kemungkinan, usia pohon yang sangat panjang ini dikarenakan kemampuan spesialnya dalam mengkloning diri sendiri sob. Jejak radiokarbon dari akar pohon inilah yang menunjukkan panjang usianya.

Jenis pohon ini memang diketahui punya kemampuan mengkloning diri sehingga batang dan rantingnya bisa bertahan hidup hingga sekitar 600 tahun sob. Prosesnya, ketika batangnya mati, maka batang baru akan terbentuk lagi dari akarnya.

Tapi, memang pohon jenis ini yang usianya sampai hampir 10.000 tahun ya baru ini nih. Bahkan, pohon ini lebih tua dari pinus Bristlecone di White Mountain yang usianya kini hanya 5.000 tahun. Pinus Bristlecone memang jenis pohon berusia tua, dimana pohon tertuanya tercatat pernah mencapai usia 7.500 tahun. Itu pun dengan tinggi hingga 150 meter sob.

Tapi, yang jelas, Kullman menegaskan kalau ya ini nih pohon yang diklaim tertua di dunia. Katanya, mustahil ada pohon yang hidup sebelum 10.000 tahunan yang lalu sob. Gimana gak, karena saat itu, seluruh wilayah dunia masih diselimuti oleh es. Ya, iyalah, masih jaman es sob. Tapi hebat juga yaa, Ehh Ternyata, ada pohon dari jaman es yang masih hidup sampai ini ya sob, hampir 10.000 tahun pula usianya. Kereeeenn!! ET kasih jempol 8 dech, tapi pinjem jempol pembaca tercintanya ET dulu yaaach... hahaha ;)

Bagikan

Jangan lewatkan

Pohon Tertua Di Dunia
4/ 5
Oleh