Keajaiban Sel Otak Manusia

Yang mau tahu tentang otak siapa nih sob? Tapi ini bukan otak – otak yang biasa dimakan loh ya. Yang mau dibahas ini nih soal otak manusia sob. Yap! Keajaiaban otak manusia gituh. Emang apa ya ajaibnya otak manusia?

Yuk kita mulai dari otak seekor lebah sob. Eits, jangan pikir otak manusia tak ada hubungannya dengan otak lebah ya. Ada hubungannya kog sob. Walau pun cuma untuk perbandingan. Hehei.

Jadi nih sob, kalau kamu mau tahu, otak seekor lebah tuh punya sekitar 7.000 sel otak. Hmm, banyak juga yah sob. Hebatnya, dengan 7.000 sel otak inilah, para lebah bisa melakukan berbagai hal rumit, seperti membangun sarang, mencari madu, memberi makan anak lebah, mengurus sang ratu lebah, dan ratusan aktivitas lain secara teratur.

Terus, bagaimana coba dengan kita – kita para manusia yah sob? Udah tahu belom sob, berapa jumlah sel otak yang dipunyai para manusia yang katanya ‘makhluk hidup paling sempurna’ ini?




Jumlah koneksi otak manusia



Manusia juga punya jumlah sel otak pada angka 7.000 loh. Yap! Tapi angka 7.000 sel otak itu adalah jumlah angka pertumbuhan sel otak dalam tiga detik pertama ketika manusia masih menjadi embrio umur tiga bulan loh sob. 

Bushet. Terus manusia beneran alias yang sudah mapan otaknya berapa ya? Jumlahnya ada sekitar satu triliun sel otak sob. Woahh, Eh Ternyata sel otak manusia luar biasa sangat amat teramat banyak sekali ya sob. Ngitungin satu triliunnya gimana yah? Ah, itu sih udah dihitung para ilmuwan sob. Percaya aja dech ya.
Jadi, setiap sel otak manusia tuh seperti gurita kecil sob. Sel ini memiliki benang halus seperti gurita. Terus, ketika manusia mempelajari hal baru, maka terjadilah koneksi antar benang atau dendrit.

Prosesnya ini sangat rumit sob untuk digambarkan, karena bisa tercipta puluhan juta koneksi sel otak dalam sebuah proses saja. Dan proses penyambungan atau koneksi sel otak inilah yang memunculkan suatu kecerdasan manusia.

Terus apa ya bedanya antara otak orang jenius dengan otak orang biasa kaya saya nih? He. Bedanya ya disini ini sob. Rahasia para jenius ada di jumlah koneksi antar sel otaknya, yang umumnya jauh lebih banyak ketimbang jumlah koneksi otak pada orang kebanyakan.

Dengan kata lain nih sob, intelegensi seorang manusia adalah jumlah ikatan atau koneksi yang terjadi antar sel otaknya. Jadi, kalau misal terjadi penambahan, maka secara otomatis kecerdasannya pun juga ikut bertambah dech sob.


Artinya, seseorang akan menjadi jenius kaau koneksi otaknya cukup banyak. Kalau gitu, yuk, kita koneksikan otak kita sebanyak – banyaknya. Eits, gimana caranya yach? Banyak – banyak belajar atuh sob. Jawaban simple khan? He..

Keren khan sob? Eh ternyata, otak manusia punya triliunan sel otak yang bisa bekerja secara ajaib yach.

Bagikan

Jangan lewatkan

Keajaiban Sel Otak Manusia
4/ 5
Oleh