Ben Underwood – Manusia dengan Kemampuan Kelelawar

Sob kenal gak sama Ben Underwood? Nama Ben Underwood mungkin memang bukanlah tokoh terkenal di dunia ini ya. Namanya tak sebesar Einstein ataupun Edison yang terkenal ahli dalam ilmu fisika. Juga tak setenar Aristoteles atau Plato atau pun Karl Marx yang merupakan tokoh filsuf kenamaan.

Dia juga tak berjaya seperti Mahatma Gandhi atau pun Nelson Mandela. Bahkan, Ben Underwood juga tidak lebih tenar dari Katty Parry atau pun Will Smith. Tapi, bukan berarti ia tak cukup berharga untuk dikagumi loh sob. Bahkan, sama seperti para tokoh dunia itu, namanya sebetulnya pantas disejajarkan dengan orang – orang hebat dunia.

Hmm, kog bisa sih? Emang apa istimewanya ya?

Apa sih keahlian spesial Ben Underwood?


Mau tahu apa keahlian spesial dari Ben Underwood? Ini nih sob, ET kasih tahu nih ya. Jadi, Ben Underwood ini di usianya yang masih 14 tahun, udah jago main skateboard, main football, main basket, naik sepeda di jalanan, dan aneka permainan lain loh sob.

Nah… terus apa istimewanya ya? Iya sih sob. Ia memang cuma jago memainkan berbagai jenis permainan dan kegiatan yang memang juga banyak dimainkan oleh anak – anak seusianya sob. Tapi bedanya nih sob, kalau anak – anak lain yang biasa memainkan aktivitas tersebut itu khan punya fisik dan panca indra yang lengkap sob. 


Nah, sedangkan si Ben nih beda sob. Ia adalah seorang anak yang tidak punya indra penglihatan alias buta sob. Duh, kasian banget yach? Ia sebetulnya tidak buta dari lahir sob. Ia sempat punya kesempatan untuk melihat dunia sebelum kedua bola matanya terpaksa dioperasi karena kanker retina yang mendera. Dan tentu saja, operasi dan kanker ini pula yang membuat Ben kehilangan kemampuannya untuk melihat sob. Malangnya nasib Ben kecil ya.

Eh, terus gimana donk Ben bisa melakukan semua aktivitas itu?


Pertanyaan jitu nih. Bagaimana Ben bisa melakukan semua aktivitas ini dengan begitu baik, padahal ia sama sekali tidak bisa melihat ya? Nah, ini nih yang membuat Ben istimewa dan bisa dibilang hebat sob.

Ben bisa melakukan teknik sonar seperti yang biasa dilakukan oleh para kelelawar, lumba – lumba atau burung sob. Woah? Kog bisa ya? Bukannya itu teknik dasar yang dimiliki oleh hewan – hewan tertentu saja, dan tak dipunyai oleh manusia ya?

Betul sih sob. Jadi cara kerja teknik sonar yang dimiliki para hewan itu pada dasarnya memanfaatkan bunyi pantul. Dimana seperti kelelawar, ia mengeluarkan bunyi ultrasonic yang kemudian bisa memantul kembali ke telinga mereka. 

Dari pantulan bunyi ini lah para kelelawar ini bisa mendapatkan kondisi lingkungan sekitarnya. Jadi, mereka pun tak perlu mengandalkan indra penglihatan ketika malam hari. Meski gelap gulita alias gelap total, para kelelawar tetap bisa terbang bebas tanpa nabrak loh sob.

Terus, bagaimana Ben melakukan teknik sonar dengan caranya?


Nah, sama seperti teknik sonar pada kelelawar ini nih sob. Si Ben juga terbiasa membuat suara berdecak dengan lidahnya sob. Nah, dari suaranya ini nantilah akan terpantul kembali sehingga ia pun bisa membuat gambaran di otaknya tentang lingkungan sekitarnya sob.

Wah, hebat bukan? Mana ada manusia lain – terutama manusia dengan indra lengkap – yang bisa melakukan hal sehebat ini? Bahkan, para filsuf dan para ahli ilmu alam pun kayaknya juga gak bisa melakukan hal yang sudah dikuasai oleh anak belasan tahun ini sob.

Kemampuan Ben dalam menganalisa lingkungan melalui teknik sonar ini tak bisa disebut biasa – biasa saja loh sob. Saking hebatnya dalam menggunakan tekniknya ini, Ben sampai bisa membedakan hydrant mobil pemadam kebakaran dan truk pengangkut sampah loh sob. 

Selain itu nih sob, kalau si Ben dibawa ke suatu rumah yang belum pernah ia kunjungi sama sekali sebelumnya, maka ia bisa segera tahu letak tangga dan dapurnya sob. Bahkan, tak tanggung – tanggung, Ben pun juga bisa membedakan jenis material yang digunakan dalam perabot rumah itu.

Waah, hebat. Luar biasa! 1000 jempol untuk Ben Underwood yach! Eh ternyata, ada juga manusia yang bisa menggunakan teknik sonar ala kelelawar ini dengan sempurna yach?

Jadi, bagaimana kemudian nasib Ben Underwood selanjutnya? Apa jadi orang hebat?


Ya, tentu saja Ben Underwood akan selalu dikenang sebagai orang hebat sob. Ia punya semangat juang dan semangat hidup yang tinggi, juga kemampuan yang luar biasa hebat. 

Sayangnya nih sob, yang bikin sedih nih, Ben Underwood ini akhirnya tak bisa mengalahkan penyakit kanker yang dideritanya sob. Ia akhirnya harus menyerah pada kanker yang telah sukses mendarat ke otaknya.

Ben Underwood akhirnya meninggal dunia pada Januari 2009 lalu, di usianya yang masih 16 tahun sob. Meski baru menjalani hidup 16 tahun, tapi kehebatannya yang luar biasa, dan semangat juangnya dalam menjalani kehidupan ini, adalah suatu hal berharga yang patut dikagumi.

Setuju sob? Eh Ternyata, ia memang layak untuk disandingkan dengan para orang hebat dunia khan sob?

Bagikan

Jangan lewatkan

Ben Underwood – Manusia dengan Kemampuan Kelelawar
4/ 5
Oleh