Sudah Tahu Belum Komunitas – Komunitas Aneh di Dunia Sepeda Ini?

Sebuah komunitas yang menampung manusia – manusia dengan visi misi serupa sih banyak ya sob. Dari anak kecil, remaja hingga dewasa banyak kog yang membentuk komunitasnya sendiri dengan maksud untuk lebih mengembangkan hobi mereka.

Cuma, apa jadinya kalau komunitas – komunitas ini dibentuk dengan kegiatan yang aneh ya? Nah loh, yang berkembang jadi tingkat keanehannya donk yach. Hmm, di dunia sepeda dan motor ada loh komunitas – komunitas aneh bin unik bin konyol bin ekstrim bin neko – neko gitu lah.

Mau tahu sob apa aja komunitas aneh di dunia sepeda dan motor ini? Ini nih sob, simak ya.

1. Komunitas Vespa Gembel

Walah, komunitas vespa atau jenis kendaraan bermotor lain sih banyak ya sob. Tapi kog ada tambahannya gembel ya? iya nih, sob, komunitas ini memang punya tampilan yang super aneh sob lantaran para anggota komunitas ini memodifikasi vespanya sedemikian rupa agar tampak aneh bin unuk dengan gaya khas urakan dan terkesan tak terurus.




Vespa mereka biasanya dimodifikasi dengan berbagai macam gaya sob. Mulai dari gaya classic, sasis, and chopper dimana aliran kesemuanya tetap aneh dan unik. Kalau dilihat sekilas sih, vespa mereka jadi keliatan hancur, urakan dan malah seperti tong sampah berjalan spb.

Gimana enggak, mereka menaruh aneka properti aneh mulai dari CD, dedaunan, kaleng susu sampai kepala kambing pun juga ada loh sob. Mereka tetap bangga dan tak malu kog sob dengan tampilan gaya mereka ini. 

Komunitas vaspa gembel ini gak kecil loh sob. Malahan, komunitas ini sudah tersebar cukup luas di hampir seluruh wilayah Indonesia, terutama di kota – kota besar sob. Keren khan? Di Jakarta, Jogja, Bali dan kota besar lain sudah ada kog sob kalau minat untuk bergabung.

Menariknya nih sob, meski mereka berusaha memberikan kesan ‘gembel’ pada kendaraan tumpangan mereka, tapi mereka tak mereka memiliki prinsip yang keren loh sob, yakni kebersamaan dan kekeluargaan.

2. Komunitas Ekstrem BMX

Sob sudah tahu khan sepeda bermerk BMX? Nah, ternyata ada komunitas aneh yang dipersatukan oleh sepeda ini nih sob. Sepeda BMX sepertinya memang sukses jadi tren anak muda Indonesia yah. 


Tapi, komunitas sepeda sih memang banyak ditemukan dimana – mana san sudah jadi hal biasa ya? Terus apa anehnya dengan komunitas yang satu ini? Anehnya, adalah karena aktivitas dari komunitas ini nih sob.




Jadi, komunitas ini selalu melakukan atraksi setiap kali mereka kumpul – kumpul. Nah, atraksi inilah yang aneh bin ekstrim sob. Atraksi mereka bisa dibilang sangat membahayakan log sob.

Mereka bisa sampai jungkir balik dengan menggunakan sepeda sob. Atraksi mereka misalnya table top atau melekuk sepeda di udara, turn down atau lipat sepeda, no hand atau lepas tangan, backflip, front flip atau memutar sepeda sampai 360 derajat. Busheet, ngeri juga ya? Tentu saja resiko besar sob. Tapi, demi kesenangan, sepertinya ketakutan akan cidera tak mampu menghalangi mereka sob. 

Ow ya, komunitas ini tak hanya ada di Indonesia loh sob. Di beberapa negara lain, komunitas ekstrem BMX serupa pun juga ada kog. Karena besarnya kegiatan para pecinta BMX ini, sampai – sampai mereka bisa mendatangkan sponsor ketika melakkan atraksinya loh. 

3. Komunitas Sepeda Onthel

Sepeda onthel ini memang jenis sepeda jadul alias jaman dulu ya sob. Meski penampilannya begitu klasik dan tua, tapi penggemar sepeda onthel ini ternyata banyak juga loh sob. Mereka menyebut diri mereka sebagai onthelis.

Ow ya, masyarakat juga menyebut sepeda lawas ini dengan berbagai nama lain loh selain nama onthel, misalnya nama jengki, kumbang dan sundung. Komunitas yang mengusung sepeda kayuh ini sebenarnya masih ada aneka ragamnya loh sob. Karena banyaknya peminat dari jenis sepeda ini, makanya komunitasnya pun tersebar dengan luas dan beragam.




Misalnya saja, ada komunitas sepeda onthel kebo community yang bermarkas di Jalan Subur Denpasar Bali. Komunitas yang satu ini sudah punya struktur organisasi yang jelas dan kegiatan rutin loh sob. Biasanya, mereka rutin bersepeda mengunjungi objek – objek wisata sob.

Selain komunitas onthelis di Bali, di Indonesia masih ada begitu banyak lagi komunitas onthelis loh sob. Hampir di setiap kota di Indonesia sepertinya ada tuwh. Mulai dari wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Madura sampai Lombok sekalipun juga ada sob.

Bagikan

Jangan lewatkan

Sudah Tahu Belum Komunitas – Komunitas Aneh di Dunia Sepeda Ini?
4/ 5
Oleh