Mengapa Tanaman Kaktus Mempunyai Duri?

Sob, sudah pernah liat kaktus belum? Hmm, pasti sudah tahu donk ya dengan tanaman yang unik dan menarik ini. Kaktus memang bisa disebut tanaman unik dan menarik karena bentuk dan penampilannya yang khas. Sekali kamu liat tanaman kaktus ini, spontan saja kamu pasti bisa mengenalinya. Setuju?

Yup, ini karena tanaman kaktus memang tampak berbeda dari tanaman lainnya. Kalau tanaman pada umumnya memiliki batang dan daun yang menepel di batangnya, tapi tak demikian dengan kaktus. Kaktus lebih tampak seperti hanya memiliki batang saja. Entah mana daun, entah mana batang ya sob.

Dan yang lebih khas lagi dari kaktus adalah keberadaan durinya sob. Betul gak? Tapi, tahu gak sih sob, kenapa tanaman kaktus mempunyai duri? Belum tahu? Oups, tak usah khawatir sob. Nih ET ceritain kenapa tanaman kaktus mempunyai duri sob.




Kaktus harus bertahan hidup di daerah kering



So, tahu gak sob kalau kaktus ini biasa hidup di daerah kering? Kaktus memang tanaman tropis yang tumbuh di area yang sangat kering sob. Jadi, karena harus bertahan hidup di daerah kering inilah, si kaktus harus bisa bertahan hidup dengan jumlah cadangan air yang sangat kurang.

Untuk dapat menyerap air dengan cepat, maka akar tanaman harus benar – benar dekat dengan tanah dan kemudian air pun akan disimpan dalam batang bersepon yang juga merupakan ciri khas batang kaktus.

Nah, keberadaan duri – duri tajam di sekujur tubuh kaktus ini lah yang membantu mengurangi penguapan air pada kaktus sob. Hebat khan ya?


Simak juga: Kenalan Sama Laba Laba Black Widow Yuk

Pertahanan dari binatang yang kahausan

Di lahan yang kering, air memang sangat berharga sob. Tak hanya bagi tanaman kaktus saja, tapi bagi binatang lain pun juga berharga. Jadi nih, ada juga binatang – binatang kehausan yang berniat untuk mengambil air dari dalam tubuh kaktus nih sob.

Nah, untuk melindungi air yang berharga di dalam tubunya, duri ini jadi penting sob. Dengan adanya duri pada tubuh kaktus, maka binatang yang kehausan pun tidak akan menggigit kaktus yang berduri untuk mengambil airnya sob. Ya iyalah sob, takut ketusuk duri kali ya? Hahay.

So, sudah tahu sob, kenapa tanaman kaktus mempunyai duri. Ehh ternyata, untuk bertahan hidup di dunia yang keras dan kering ya sob?

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengapa Tanaman Kaktus Mempunyai Duri?
4/ 5
Oleh