Tahu Gak Hewan dengan Suara Paling Keras di Dunia?

Tahu gak sob hewan apa yang suaranya paling kecil di dunia? Yap. Tentu saja tinggal pilih hewan – hewan yang tidak terdengar suaranya alias yang kita anggap tidak bisa bicara. Seperti kupu-kupu, semut, ulat, cacing, sampai ikan-ikan mungil di kolam. Gampang ya?

Paling banyak sih yang datang dari air ya sob. Hewan-hewan air seperti ikan mas, ikan koi, kepiting, udang, cumi-cumi, ubur-ubur sampai plankton banyak yang tidak bersuara khan ya?

Nah, tapi tahu gak sob hewan yang punya suara paling keras di dunia? Nah loh. Yang ini agak susah ya karena ada begitu banyak hewan yang punya suara keras. Harimau, anjing, kucing, serigala, sampai bangsa burung banyak yang bisa bersuara dengan keras. Cuma emang bingung juga mana diantara hewan-hewan tersebut yang punya suara paling keras ya? Bisa tebak? Ayo sob, tebak! Tebak!

Kalau gak tahu, nih ET kasih tahu ya sob, hewan dengan suara paling keras di dunia. Eits, jangan kaget ya sob kalau eh ternyata nih, hewan yang punya suara paling keras di dunia ini berasal dari bangsa ikan loh.




Ikan paus biru, hewan dengan suara paling keras di dunia

Menurut pengakuan para ilmuwan nih sob, ikan paus biru adalah hewan yang mempunyai suara paling keras di dunia. Woah woah. Gak terpikir ya sob kalau hewan dengan suara paling keras ini berasal dari lautan. 

Ikan paus biru yang bernama latin Balaenoptera Musculus ini bahkan kabarnya lebih keras daripada suara motor Harley Davidson loh sob. Kebayang gak tuh? Suara motor Harley Davidson aja sudah cukup mampu memekakkan telinga ya sob, apalagi kalau lebih keras ya?
Suara ikan paus biru, yang ternyata juga menyandang sebagai hewan terbesar di bumi ini nih sob, bahkan juga diklaim lebih keras ketimbang suara konser rock yang paling keras, dan bahkan lagi nih sob, lebih keras pula dari suara ledakan bom. Bushetttt!!!




Seberapa keras suara ikan paus biru?

Memangnya, seberapa keras sih suara ikan paus biru ini ya sob? Angkanya adalah 188 desibel. Wow, seberapa keras ya tuh 188 desibel? Ada yang tahu? Okay nih, kalau diibaratkan sih sob, angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin jet yang mencapai tingkat kekerasan 120 sampai 130 desibel. What!!?? Luar biasa.

Perlu diketahui ya sob, kalau tingkat kekerasan suara ini bertambah secara logaritmes. Artinya, setiap kenaikan 10 desibel nih, berarti peningkatan intensitas suaranya hingga 10 kali sob. Jadi, bayangkan saja nih seberapa keras nih suara si ikan paus biru.

Tapi nih sob, untungnya nih, dan yang perlu kita syukuri adalah ikan paus biru ini tinggalnya di dalam laut sob. Syukur deh, jadi lah kita tak perlu mendengar suaranya yang maha dahsyat ini ya sob, karena sudah diredam oleh lautan luas dan tentu saja, kita pun tidak tinggal di lautan bukan?

Eh ternyata, sekeras itu yah suara ikan paus biru ini sebagai hewan dengan suara terkeras di dunia, yang sekaligus juga nih hewan terbesar di dunia.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tahu Gak Hewan dengan Suara Paling Keras di Dunia?
4/ 5
Oleh