Tahukah Kamu Asal Mula Ditemukannya Teh?

Ada yang suka menikmati sedapnya minuman teh sob? Hmm, teh memang seolah jadi minuman favorit banyak orang di Indonesia ya? Atau mungkin juga di dunia ya? Rasa teh yang lezat dan efeknya yang menenangkan memang yang paling sip. Saat dahaga menyerang, menikmati es teh pun jadi pilihan paling jitu. 

Tapi nih sob, karena sudah terbiasa minum teh, harusnya kamu tahu donk bagaimana sejarah penemuan teh? Ada yang belum tahu ya? Tenang tenang, yang belum tahu merapat sini ya, ET kasih tahu dech.


Bermula dari Kaisar Shen Nung

Jadi nih, kisah mula penemuan minuman paling populer di dunia ini berasal dari sebuah kaisar bernama Kaisar Shen Nung. Saat itu nih, sang kaisar sedang merebus air pans di sebuah ketel tnapa menetup ketelnya. Kenapa tak ditutup? Ini bukan kesengajaan loh ya.

Sang kaisar tidak menutup ketel itu karena memang lupa sob. Loh loh. Karena tidak dibuka, apa pun yang jatuh di atasnya ya langsung masuk ke dalam air donk ya sob. Nah loh, termasuk kotoran juga kah?

Simak juga: Eh ternyataa, kisah di balik penemuan sandwich ini aneh juga ya?

Angin yang bertiup kencang

Tiba – tiba saja nih sob, angin bertiup dengan kencang. Karena angin bertiup sangat kencang, dedaunan di pohon pun pada perguguran sob. Nah, beberapa daun yang ada di semak pun terbang dan masuk ke air rebusan yang tidak ditutup tadi.

Saat si Kaisar ini hendak mengambil airnya, daun itu telah bercampur dengan air panas yang mendidih tadi. Ketika dihirup nih, ternyata air itu menimbulkan aroma yang harum sob. Hmm, sedap nian nih. 

Kemudian, kaisar Shen Nung pun tertarik untuk mencoba meminum air rebusan tadi. Saat kaisar Shen Nung mencicipi air itu, ia pun merasakan sensasi yang sungguh nikmat. Yah, seperti nikmatnya teh sob.

Sejak saat itu lah sob, teh mulai dikenal di negeri Cina. Lalu, beberapa abad kemudian, teh mulai dikenal masyarakat dunia. Teh pun juga mulai dikenalkan di wilayah Eropa pada tahun 1610. Banyak orang yang menyambutnya gembira karena rasanya yang memang sedap sob.

Eh ternyata, sejarah teh ini bermula dari ketidaksengajaan ya sob?

Bagikan

Jangan lewatkan

Tahukah Kamu Asal Mula Ditemukannya Teh?
4/ 5
Oleh