Ini Nih Keunikan Kopi yang Perlu Kamu Tahu

Siapa yang suka kopi nih sob? Rasa kopi memang nikmat ya? Eh, tak hanya nikmat, tapi rasanya pun juga unik khan sob? Yang lebih penting lagi nih sob, yang unik ini tak hanya rasanya loh, tapi ada juga beberapa hal unik lagi tentang kopi. Mau tahu apa saja fakta unik tentang kopi ini sob?


Ini nih beberapa fakta unik tentang kopi yang memang unik banget dan siap untuk kamu ketahui.


Sejarah kopi yang unik

Sudah tahu tentang sejarah unik dari kopi sob? Sejarah koi ini diawali dari cerita seorang penggembala kambing Abessynia (sekarang Eithiopia) yang terjadi pada abad ke 9 masehi. Jadi nih, si penggembala kambing tadi menemukan tumbuhan kopi ini sewaktu menggembala. Awalnya, tanaman ini tidak berarti loh.

Tapi karena seduhannya yang dianggap nikmat, kopi ini kemudian menyebar dan mulai tenar. Dari tempat itu, lalu tanaman kopi ini menyebar ke daratan Mesir dan Yaman, lalu pada abad ke 15 kopi menjangkau ke daerah yang lebih luas lagi hingga ke Persia, Turki, Mesir dan Afrika Utara.

Tapi nih, uniknya, ada kabar lain lagi tentang sejarah kopi ini sob. Awalnya sih juga terjadi di daerah Abessynia. Tapi lain cerita, karena bukan si penggembala yang menemukannya, melainkan Ali al Shadili. 

Kabarnya, ia dulu gemar meminum sari biji kopi untuk membuatnya tetap terjada demi menjalankan shalat malam. Nah, dari sinilah kemudian khasiat kopi sebagai minuman penghilang kantuk mulai tersebar deh.

Simak juga: Tahukah Kamu Asal Mula Ditemukannya Teh?

Kopi paling unik sekaligus enak berasal dari kotoran luwak

Tahu gak sob, kabarnya sih, kopi yang paling unik sekaligus kopi yang paling enak ini adalah kopi luwak loh. Konon kabarnya sih sob, kopi yang asli berasal dari Indonesia ini memang super sedap sob. Uniknya, untuk memperoleh kopi ini juga caranya pun juga unik loh.

Sudah tahu donk bagaimana cara unik untuk mendapatkan biji kopi luwak ini? Yap, biji kopi luwak ini didapatkan dari kotoran luwak alias binatang sejenis kucing liar loh. Haduh, gak jijik tuwh minum dari kotoran?

Eits, tapi bukan berarti kotoran luwaknya yang dinikmati loh. Kopi ini pun sebetulnya berasal dari biji kopi biasa sob. Tapi, si luwak nih pandai untuk memilih biji kopi sob. Jadi si luwak ini cuma mengambil biji kopi terbaik yang sudah matang dari pohonnya.

Insting luwak ini hebat sob, jadi buah kopi yang dimakan nih ya cuma yang enak saja. Hasilnya, biji yang keluar lagi bersama dengan kotorannya ini pun adalah yang terbaik dan yang enak-enak saja. Nah, biji yang bercampur kotoran luwak inilah yang kemudian dibersihkan dan diproses untuk jadi kopi.

Hasilnya, hmm, sedap. Penggemarnya pun juga banyak loh sob di seluruh dunia. Uniknya lagi, harganya juga selangit sob lantaran jumlah produksinya yang sangat terbatas.


Kopi pernah dilarang untuk diminum

Ternyata, kopi pun perlu perjuangan untuk bisa dinikmati sob. Dulu nih, para pendeta di Italia melarang umatnya untuk minum kopi. Mereka bilang sih kalau kopi ini dimasukkan sultan-sultan muslim untuk menggantikan anggur, jadi tak boleh lah mereka ikut menikmatinya.

Tak hanya melarang sob, tapi mereka pun juga menghukum orang-orang yang minum kopi. Pelarangan ini ternyata tak hanya terjadi di Italia sob. Di tahun 1656, Wazir dan Kofri pun, kerajaan Usmaniyah juga melarang pembukaan kedai-kedai kopi. Orang yang minum kopi bahkan bisa dihukum cambuk loh.

Nah, kepopuleran kopi selanjutnya bermula di Swedia sob. Konon sih, Raja Gustaff II pernah menjatuhkan hukuman terjadap dua orang saudara kembar. Satu orang hanya diizinkan meminum kopi, dan yang satunya diizinkan untuk hanya menyeruput teh.

Nah, yang terlebih dahulu mati, maka dialah yang bersalah dalam satu tindak pidana yang dituduhkan pada mereka. Ternyata nih sob, yang mati duluan adalah peminum teh pada usia 83 tahun. Gara-gara ini nih sob, masyarakat Swedia jadi tergila-gila dengan kopi, bahkan disebut-sebut paling fanatik di dunia sob.

Bagikan

Jangan lewatkan

Ini Nih Keunikan Kopi yang Perlu Kamu Tahu
4/ 5
Oleh