Kisah Penemuan Keripik Kentang yang Lucu

Siapa nih yang gak tahu keripik kentang? Kriuknya yang kres ditambah rasanya yang gurih sangat menggoda lidah siapa pun. Apalagi nih si keripik kentang saat ini juga sudah mulai dikreasikan ke dalam berbagai rasa menarik sehingga membuatnya semakin disukai oleh berbagai kalangan.

Tapi nih, bagi kamu yang suka makan keripik kentang, emangnya kamu sudah tahu belum sih tentang sejarah penemuan keripik kentang yang lucu, unik bin aduhai ini sob? Belum tahu? Wah, wah, wah, kamu mesti tahu nih sob.

Tenang, tenang, buat kamu yang mau tahu kisah tentang sejarah penemuan keripik kentang, nih ET kasih tahu sob. Simak baik-baik ya sob.


Pesanan dari sang pelanggan

Nah, kisah ini terjadi sudah lama sekali sob. Jadi nih, kisah ini terjadi di suatu hari yang tenang pada tahun 1852 sob, di sebuah restoran di kota Yorks. Restoran bernama Moon;s Lake House yang ada di Saratoga Spring, New York ini didatangi oleh sebuah pelanggan yang usil dan jahil. Yah, entah memang usil ataukah memang sikapnya yang rada ruwet sih sob.

Jadi, seorang koki di restoran Moon’s sengaja membuatkan camilan ringan yang istimewa buat pelanggan ini nih. Dengan sabar, ia menyiapkan potongan-potongan kentang dan ditata dengan sangat rapi dan indah di atas piring kaca.

Nah, karena sudah merasa sempurna dengan sajiannya, sang koki pun menyerahkan hidangan ringan itu kepada si pelayan dengan percaya diri, agar si pelayan bisa mengantarkannya pada si pemesan.

Tapi nih, beberapa menit kemudian, si pelayan kembali lagi sambil membawa piring tadi dengan ketnang yang tampak masih utuh. 

“Lhoh, Kenapa?” tanya sang koki pada si pelayan tadi.

“Dia bilang potongan kentannya terlalu tebal dan rasa kentangnya juga hambar. Dia minta untuk dibuatkan lagi yang baru.”

Sampai beberapa kali nih, si pelanggan menyebalkan itu meminta agar si koki mengulangi pekerjaannya karena merasa bahwa camilan yang dibuat si koki tadi dirasa kurang sempurna.




Kentang goreng yang kurang sempurna

Si koki marah donk yah karena digituin sama pelanggannya. Ia yang seorang koki hebat kog dikatain kalau camilan buatannya itu masih kurang lezat. Nah, karena sangat kesal nih, sang koki pun kemudian segera menyiapkan suatu hidangan pembalasan.

Hidangan pembalasan? Yah, begitu kira-kira sob. Tetap dengan bahan kentang lagi nih sob, si koki kemudian membuat potongan yang sangat tipis, nyaris seperti kertas. Kemudian, si koki menggorengnya snagat kering sehingga menghasilkan pinggiran yang sedikit coklat, atau malah nyaris gosong sob.

Dipikirnya sih, camilan ini bisa menyiksa perut si pelanggan sob. Karena dirasa masih belum cukup menyiksa, si koki lalu menaburi garam dalam jumlah banyak di atas keripik kentang tadi. Ia lalu mengaduk-aduknya sampai si garam dan kentang bercampur rata.


Simak juga: Ini Nih Keunikan Kopi yang Perlu Kamu Tahu


Sajian pembalasan untuk si pelanggan

Nah, karena sajian pembalasan sudah siap, si koki ini lalu segera menyajikannya ke si pelanggan yang menyebalkan tadi. Tapi, kali ini ia mengantarkan sendiri sajian ini kepada si pelanggan. Langsung, tanpa perantara si pelayan. 

Si koki meletakkan piring yang kali ini tidak lagi dihiasi dengan aneka macam hiasan. Lalu, ia pun segera menanti reaksi si pelanggan. Hmm, tahu gak apa reaksi si pelanggan kali ini?

“Wah, enak sekali! Luar biasa!” begitu reaksi pelanggan. Tentu saja ini sebuah reaksi yang tak disangka-sangka oleh si koki khan sob. Lhah judulnya khan hidangan pembalasan. Kog malah si pelanggan girang luar biasa gitu dan menyukainya.


Lahirnya si keripik kentang

Nah, jadi, makanan hasil kekesalan si koki tadi nih yang ternyata menjadi cikal bakal si keripik kentang yang dikenal saat ini sob. Hasil kreasi si koki tadi ini kemudian dikembangkan menjadi Potato Chips atau kalau di Indonesia nih dikenal dengan merk dagang Chitato.

Eh iya sob, ada yang ketinggalan nih. Nama si koki dan nama pelanggan tadi. Belum tahu khan ya? ET kasih tahu yah. Nama si koki tadi adalah George Crum dan nama si pelanggan tadi adalah Cornelius Vanderblit.

Nah, Eh Ternyata, keripik kentang yang jadi makanan paling populer di dunia ini berawal dari sebuah kekesalan ya sob? Lucu juga nih sejarah keripik kentang ini.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kisah Penemuan Keripik Kentang yang Lucu
4/ 5
Oleh