Sejarah Peletakkan Tombol Qwerty pada Mesin Tik, Leptop sampai Hand Phone

QWERTY UIOP. Ada yang tahu ini ururan apa sob? Nah loh, gak biasa liatain tombol mesin tik? Eits, udah gak jaman ya? Kalau gitu keyboard leptop, atau keypad HP deh. Yap, ini adalah uturan tombol – tombol yang digunakan pada mesin tik jaman dulu, pada leptop jaman sekarang dan beberapa model tombol HP saat ini.

Tapi, tahu gak sih sob, kenapa tombol – tombol ini diletakkan dalam urutan seperti ini? Kalau dilihat – lihat, sepertinya cukup berantakan juga ya sob penataannya. Diurutkan berdasarkan apa coba? Abjad? Ah, jauh sob. Dilihat dari sisi mana pun gak ada kaitannya deh. Terus?

Dari baris pertama, baris kedua, sampai baris mana pun sepertinya kog gak ada kaitannya ya sob? Udah deh, ketimbang bingung, ET jelasin nih sejarah peletakkan tombol qwerty pada mesin tik, leptop sampai hand phone yang digunakan sampai sekarang ini sob. 



Sejarah penyusunan tombil qwerty

Jadi nih sob, eh ternyata memang ada alasan dibalik pengaturan letak tombol yang aneh bin nyeleneh ini sob. Jadi, ketika Christopher Latham Sholes dan rekan – rekannya menemukan mesin tik pertama pada tahun 1973 nih sob, mereka menemukan kesulitan dengan batang tombol – tombol yang saling bentrok sob.
Selain batang tombolnya yang bentrok, banyak huruf yang sering digunakan berada di deretan yang saling berdekatan sehingga semakin menyulitkan ketika mengetik. 

Nah, karena kesulitan ini nih sob, mereka pun berusaha untuk mengatasinya dengan cara mengatur tombol – tombol sedemikian rupa, sehingga huruf – huruf yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris diletakkan secara berjauhan sob.

Jadinya yang seperti tombol leptop yang biasa kita lihat ini nih sob. Apakah rancangan ini sukses? Iya donk, sukses besar malah. Buktinya, sampai sekarang cara penempatan yang juga dikenal dengan qwerty digunakan di seluruh dunia, dan yang lebih penting, masih dipakai sampai sekarang sob.

Eh ternyata, ada alasan untuk memudahkan pemakaian dibalik peletakkan tombol qwerty ini ya sob?

Bagikan

Jangan lewatkan

Sejarah Peletakkan Tombol Qwerty pada Mesin Tik, Leptop sampai Hand Phone
4/ 5
Oleh