Kisah Penemuan Lambang @ Pada E-mail

Eh Ternyata, Penentuan Lambang @ Pada E-mail Cukup Sederhana Loh



Sob tahu donk yang namanya e-mail alias elektronik mail? Yup, inilah sebuah penemuan dunia maya yang super penting dalam teknologi informasi dan komuniasi. 

Bagaimana tidak, melalui e-mail, hampir semua orang di dunia dapat terhubung dengan mudah dengan siapa pun di belahan bumi lainnya. Syaratnya, cukup dengan jaringan internet dan alamat email saja.

Ya, alamat email ini loh sob yang penting dan sangat menentukan. Nyadar gak sih kalau alamat email ini selalu saja punya satu lambang super penting yang membuat surat elektronik bisa terkirim? 

Lambang apa coba? Yup, bener banget sob. Lambang '@' alias yang dibaca 'at' ini loh yang membuat surat- surat elektornik bisa terkirim. Coba dech kirim email tanpa lambang @, dijamin dech e-mail tak akan terkirim. Mau pakai gmail, yahoo, hotmail, atau layanan email apa pun pasti ada lambang @ nya khan sob.

Nah, tahukah sob kalau eh ternyata, penentuan lambang @ pada e-mail ini cukup sederhana loh. Beneran. Gak ribet. Hebat juga yah, sebuah penetuan penting ini diciptakan secara sederhana alias bisa dikatakan juga sih serampangan gitu. Nah, gimana ceritanya? Yuk, ET ceritain.

Kisah Penemuan Lambang @ Pada E-mail

Jadi gini sob, sosok penting dibalik lambang @ pada email ini adalah Ray Tomlison, seorang insinyur yang dikenal pendiam yang bekerja di sebuah organisasi bernama BNN sob. 


Simak juga: Sejarah Peletakkan Tombol Qwerty pada Mesin Tik, Leptop sampai Hand Phone

Nah, di perusahaan tempatnya bekerja inilah, Ray menjadi orang pertama yang bisa mengirimkan e-mail antara dua mesin. Tepatnya, hal ini terjadi di tahun 1972 sob.

Saat itu, si insinyur ini tak berpikir kalau penemuannya ini akan mendunia dan jadi salah satu penemuan penting dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi sob.  Jadi, Ray Tomlison pun tak berfikir ribet untuk mencari lambang alias kode yang akan digunakannya dalam pengiriman e-mail ini.

Dengan santai, cepat, dan sederhana, ia pun memilih pungutuasi secara leluasa. Dan dengan cara yang sederhana pula, ia pun memikirkan huruf a untuk address yang rasanya mudah diingat. 

Yap, begitu saja sob. Tanpa banyak pertimbangan, tanya sana sini, atau bahkan semedi dan puasa, Ray Romlison menentukan lambang @ sebagai kode untuk address alias alamat e-mail dari lembaga tujuan surat yang akan dikirim.

Hmm, jadi gitu doank? Yup. Unik ya sob, Ehh Ternyata, sebuah penemuan hebat bisa lahir dari ide sederhana loh sob. Haio.. siapa yang punya ide sederhana? Siapa tahu bisa jadi penemuan hebat selanjutnya sob. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Kisah Penemuan Lambang @ Pada E-mail
4/ 5
Oleh