Fakta Unik Patung Liberty

Tahu Gak Sob Kalau Patung Liberty Gak Dibuat di Amerika? Ehh Ternyata, Jumlah Patung Liberty Juga Gak Cuma Satu Loh...

Haio ngaku, siapa yang gak pernah mendengar nama Patung Liberty and gak pernah liat Patung Liberty? (minimal di gambar atau foto lah). Pernah khan sob. Patung Liberty memang jadi ikon sekaligus kebanggaan bagi masyarakat Amerika Serikat. Sekali nongol Patung Liberty, udah dech, pasti mengarah ke Amerika Serikat, khususnya di New York.

Eits, sebelum masuk ke fakta unik tentang Patung Liberty, gue mau jelasin dulu tentang apa sih gerangan Patung Liberty itu. (anggap aja ada yang tahu gitu..ahay). 

Patung Liberty memiliki nama asli Liberty Enlightening the World. Inilah sebuah patung raksasa yang diletakkan di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson New York Harbor, Amerika Serikat.

Oke Oke, yang itu udah tau, terus apa donk faktu unik tentang Patung Liberty? Wah, gak sabaran, padahal di sub judul udah ada loh…

Tahu gak dimana Patung Liberty dibuat? (bukan Amerika yah? Khan kebanggaan Amerika gitu, itu lambang kemerdekaan dan bebas dari tekanan loh… salah yaw?.

Fakta Unik Patung Liberty

Ehh Ternyata, Patung Liberty Dibuat di Perancis Sob

Yap, Patung Liberty ternyata dibuat di negara Perancis, sebuah negara yang terletak ribuan mill jauhnya dari New York. Perancis menghadiahkan patung ini kepada Amerika Serikat di akhir abad ke-19.

Patung yang terbuat dari perunggu ini diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886. Hadiah ini diberikan spesial oleh Perancis sebagai hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat agar bisa menjadi simbol persahabatan antara kedua negara.

Ehh Ternyata, Yang Buat Patung Liberty dan Menara Eiffel Sama Sob.

Yap, pemahat patung fenomenal ini ternyata juga orang yang sama yang merancang sebagian dari Menara Eiffel loh. Mereka adalah Frederic Auguste Bartholdi dan Gustave Eiffel.

Kini, Menara Eiffel jadi menara bersejarah paling terkenal di dunia, dan Patung Liberty pun jadi salah satu lambang AS yang paling terkenal pula di dunia. Patung ini menjadi perlambang dari kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan bagi masyarakat AS. (Wuihh,, hebatnya tuw orang, karyanya bisa sebegitu populer.)

Ehh Ternyata, Patung Liberty Masuk Dalam Daftar Situs Warisan Dunia Sejak Tahun 1984.

Bener banget sob, patung ini memang dianggap sangat berharga. Makanya, di tahun 1984, patung ini pun diresmikan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Keren gak tuwh.

Ehh Ternyata, Patung Liberty Gak Cuma Satu Sob, and Gak Cuma Ada di AS

Weih, gimana ceritanya tuwh, Patung Liberty bisa ada duplikatnya, gak cuma di AS pula. Plagiat tuwh.

Bukaannn.. Ya jelaslah bukan plagiat donk, yang buat aja sama loh. Yup. Ehh Ternyata, si Frederic Auguste Bartholdi ini membuat 4 Patung Liberty yang identik loh. Cuma memang sih, yang paling besar memang yang ada di AS itu. Tingginya aja nyampai 93 meter.

Dan keempat patung ini pun tersebar, jadi gak cuma di AS aja. Dimana saja? Nih, gue kasih tahu.

1. Patung Liberty Louxemberg
Patung Liberty yang ada di Luxemberg ini justru yang pertama yang dibuat oleh Frederic Auguste Bartholdi loh. Dibuatnya aja sejak tahun 1876 kog.

2. Patung Liberty Perancis
Yap, lagi, lagi, Frederic Auguste Bartholdi juga membuat sebuah patung cantik ini untik dipersembahkan bagi negeri tercintanya.

3. Patung Liberty Jepang
Patung Liberty Jepang ini memang diakui sebagai Replika Patung Liberty. Patung ini diletakkan di Pulau Odaiba, sebuah pulau indah yang merupakan pulau buatan manusia di Jepang.

Bagikan

Jangan lewatkan

Fakta Unik Patung Liberty
4/ 5
Oleh