Kisah Si Penemu Tip-Ex

Eh Ternyata … Seorang Penemu Gak Harus Jenius Sob

Eits, kalau sob berfikir hanya orang pintar dan jenius yang bisa jadi penemu, itu salah besar sob. Orang dengan otak yang pas – pasan pun jadi seorang yang bisa menemukan benda yang sangat bermanfaat bagi orang banyak loh sob. Gak percaya? Sob tau tip – ex? Yup, benda keramat yang bisa membuat tulisan kita yang salah jadi bisa dibenerin lagi.

Nah, kisah tentang tip – ex ini nih yang mau ET ceritain. Alkisah, seorang karyawan yang cukup ceroboh harus bekerja menjadi seorang sekretaris demi menghidupi anak semata wayangnya yang masih kecil. 

Sebelumnya, ibu ini emang punya suami, tapi karena baru dicerai sang suami, jadilah ibu muda ini harus berjuang sendiri untuk menafkahi hidupnya sendiri sekaligus anaknya yang masih kecil. Dialah Bette Nesmith Graham.

Kisah Si Penemu Tip-Ex

Bette gak punya latar belakang jadi sekretaris or pendidikan sekretaris sob. Dan otaknya pun bisa dibilang pas – pasan lah. Kebayang donk gimana si doi kalau disuruh ngetik? 

Secara, tugas sekretaris khan kebanyakan mengetik tuwh. Ya tentulah Bette sering banget salah kalau disuruh mengetik. Ow ya, jaman Bette masih pakai mesin ketik manual loh sob. Jadi gak bisa pakai tombol backspace or delete.


Simak juga: Fakta Unik Patung Liberty

Nah, karena kebiasaan salahnya inilah yang lantas memunculkan ide di kepala Bette, hasil inspirasi dari pengamatannya pada pelukis yang menumpuk – numpuk cat. Bette pun ikut – ikutan membuat cat dengan cara diblender. Eits, tapi bukan untuk melukis, melainkan untuk menutupi kesalahan – kesalahannya saat mengetik sob.

Wow. Iya, Bette membuat cat yang warnanya mirip dengan warna kertas, dan memasukkannya ke dalam botol-botol kecil. Botol ini pun dibawanya ke kantor, dan ketika Bette salah mengetik, ia pun menutupi kesalahan ketiknya dengan cat buatannya supaya kesalahan itu pun tak terlihat.

Nah, ide ini ternyata dilirik kawan – kawan kantornya yang lantas malah memesan cat yang sama pada Bette. Bette pun lalu membuka usaha ‘Mistake Out’ yang memproduksi cat – cat dalam kemasan kecil khusus untuk kertas tersebut.

Suatu ketika, ternyata Bette melakukan kesalahan yang tak termaafkan hingga membuatnya dipecat. Aha… ini memang kesempatan emas ya.. kog gitu? Sedih memang, tapi waktu luang Bette khan bisa jadi lebih banyak untuk mengembangkan usaha ‘Mistake Out’ – nya.

Benar saja, usaha Bette pun bertransformasi jadi perusahaan besar di tahun 1967. Usaha yang namanya jadi ‘Liquid Paper’ itu pun sudah bisa menghasilkan keuntungan bersih hingga Rp 1,5 juta dollar loh sob di tahun 1976. Keren khan?

Tahun 1980, sebelum Bette meninggal, perusahaannya bahkan sudah bisa dijual dengan harga 47,5 juta dollar. Wuihh… Eh Ternyata, ide sederhana Bette cukup membantu banyak orang sehingga banyak diburu yaah … inilah Bette si penemu tip – ex.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kisah Si Penemu Tip-Ex
4/ 5
Oleh