Mereka yang Tidak Dianjurkan Puasa

Buat sob yang beragama Islam, nih ada ulasan spesial untuk kamu – kamu tentang puasa ramadhan tentang ‘mereka yang tidak dianjurkan puasa’. 

Sengaja dibuat untuk menyambut hadirnya bulan suci ramadhan sob. Nah, tahu donk sob, apa yang mesti dilakukan oleh umat muslim tatkala ramadhan? Yup, puasa. Dan puasa itu wajib bagi orang yang beriman dan tentunya ‘mampu’.

Hmm, Islam itu indah sob. Jadi, puasa pun tak lantas disamaratakan wajib untuk semua umatnya loh sob. Agama islam khan masih mengizinkan umatnya yang dalam keadaan sakit, hamil, ibu menyusui atau dalam keadaan tertentu untuk tidak berpuasa.

Nah, untuk para pasien sakit yang memang menderita suatu penyakit tertentu, ada juga loh yang justru tidak dianjurkan puasa. Ini karena puasa dikhawatirkan malah bisa memperparah kondisi kesehatannya. 

Memang sih, tak semua orang sakit tidak boleh puasa. Malahan, ada juga yang meyakini bahwa puasa bisa membantu penyembuhan penyakit tertentu. 

Sayangnya tak semua penyakit yah sob, ada juga sob yang kondisinya bisa justru lebih buruk karena puasa. Yap, Islam pengertian ya sob. Kalau justru lebih banyak efek buruk daripada positifnya, mending dihindari khan.
Nah, dari sumber kompas.com, tulisan dari Dr. Ari F Syam Sp.Pd, berikut ini ada rangkuman pasein penyakit yang justru TIDAK BOLEH PUASA sob. Ini karena puasa diperkirakan bisa memperburuk kondisi sakitnya atau memperlama proses penyembuhan penyakitnya. 

Mau tau siapa saja mereka yang tidak dianjurkan puasa oleh beliau? Atau, ehh, malah tidak boleh puasa sob… Ini nih … siapa tahu ada kerabat atau sahabat yang sedang sakit khan bisa dikasih tahu.




1. Pasien yang dirawat di rumah sakit yang sedang diinfus. Yap, baik infus cairan maupun makanan gak boleh puasa ya sob. Mereka perlu asupan nutrisi lebih sob biar cepet sembuh. 

2. Orang yang sedang mendapat transfusi darah. Gawat ini sob, jadi, kalau lagi transfusi darah, jangan puasa dulu yaah.

3. Seseorang yang menderita infeksi akut. Misalnya saja radang tenggorokan berat, diare akut, mual, muntah, demam tinggi. Jangan puasa dulu yah, biar sembuh dulu.

4. Pasien gangguan pernafasan akut. Ya seperti pasien asma akut juga penyakit paru obstruksi kronis yang berat.

5. Pasien penyakit jantung dengan gagal jantung juga sob. Tidak boleh puasa ya sob, biar penyembuhannya bisa lebih baik.

6. Orang dengan sakit maag yang kondisinya lagi akut. Misalny saja muntah – muntah hebat, nyeri hebat, sampai keluar keringat dingin. Ini perlu diperhatikan banget sob. Soalnya, puasa khan juga diyakini baik untuk yang sakit maag, tapi kalau kondisinya lagi akut, itu gak baik ya sob.

7. Pasien penyakit kanker yang sedang dalam masa pengobatan atau malah belum diobati.

8. Pasien dengan gangguan liver kronis lanjut juga tak boleh puasa ya sob.

9. Pasien dengan gagal ginjal kronis yang sedang menjalani cuci darah atau peritoneal dialysis juga jangan puasa ya sob.

10. Pasien kencing manis yang kadar gula darahnya belum terkontrol atau kalau pun sudah terkontrol tapi kebutuhan insulinnya masih tinggi yakni lebih dari 30 U per hari juga tidak dianjurkan puasa sob. Okay?

11. Orang tua yang lanjut usia yang menderita pikun atau Alzheimer jangan puasa yaa.

12. Seseorang yang menderita migren atau vertigo yang kondisi sakitnya justru akan bertambah buruk jika pasien tidak makan atau minum obat. Jadi, mendingan jangan puasa dulu. Makan, minum obat, terus istirahat.

Nah, rampung deh rangkumannya. Eh Ternyata, banyak juga ya sob, mereka yang tidak dianjurkan puasa. Kalau orang – orang di sekitar sob ada yang sedang sakit seperti di atas, kasih tahu ya, kalau mereka tidak diajurkan puasa. Bagi yang sedang sakit, cepet sembuh yaaa …

Bagikan

Jangan lewatkan

Mereka yang Tidak Dianjurkan Puasa
4/ 5
Oleh