Daftar Alkohol atau Khamr yang Sering Dipakai dalam Masakan dan Minuman

Eh Ternyata, Banyak Makanan atau Minuman yang Mengandung Alkohol alias Khamr Loh


Memang sih, hanya minuman keras atau alkohol saja yang haram (bagi umat muslim), atau dihindari oleh sebagian orang yang tak ingin mabuk. Bagi kaum muslim, barang haram ini sering disebut sebagai Khamr. Nah, khamr ini lah yang harus dihindari walau pun cuma setitik saja. Hmm, sama sekali tak boleh dikonsumsi ya sob.

Tapi, tahu gak sih, kalau eh ternyata banyak juga loh makanan atau minuman yang dibuat dengan campuran khamr. Sayangnya, kita mungkin tak menyadarinya karena tak begitu mengenal nama alkohol atau khamr yang sering dipakai dalam masakan atau minuman itu.

Nah, jadi biar sob sob yang menghindari konsumsi khamr bisa lebih waspada lagi dalam memilih makanan atau minuman yang tepat, ini nih, ET kasih rangkuman jenis bahan yang mengandung alkohol atau khamr yang sering dipakai dalam masakan dan minuman di Indonesia.

1. Ang Ciu

Ang ciu ini fungsinya memang sebagai penyedap sob. Tapi ada kandungan khamr di dalamnya. Nah, untuk menghindari ang ciu, sob mesti waspada pada aneka makanan yang biasanya merupakan makanan China. Ang ciu ini memang sering dipakai untuk menyedapkan daging, tim ayam, seafood, sayuran, mi goreng, kwetiau, dan lainnya sob.

2. La wong ciu

La wong ciu ini wujudnya seperti saus penyedap rasa. La wong ciu sering dipakai untuk menyedapkan gading, tim ayam, seafood juga sayur mayur.

Alkohol atau Khamr yang Sering Dipakai


3. Anggur beras putih

Kalau anggur beras putih ini biasanya sih sering dipakai untuk rendaman obat Tionghoa. Tapi, sering juga digunakan dalam berbagai masakan.

4. Mirin (arak putih atau arak merah)

Mirin alias arak putih atau arak merah ini sering banget sob digunakan dalam aneka masakan karena berfungsi sebagai penggugah selera. Mirin memang ahli buat menghadirkan aroma dan rasa yang khas yang sedap sob. Tak heran kalau mirin pun sring digunakan untuk tambahan bumbu pada mi goreng dan seafood. Tapi ingat ya, mirin ini ada khamr –nya loh ya.

5. Rhum

Ini nih, kamu yang suka bikin kue – kue pasti pernah denger nama ‘rhum’ khan? Yap. Rhum sering digunakan untuk penguat rasa pada cake, misalnya saja pada tart, black forest, cream cheese cake, dan aneka cake lain. Karena kemampuannya yang memang mantap untuk menguatkan cita rasa sehingga hidangan bisa jadi lebih enak, jadilah banyak orang yang tak begitu peduli soal penggunaan rhum dalam cake. Mereka pikir rhum adalah hal yang biasa dikonsumsi.

Mungkin mereka cuma kurang informasi sih sob. Karena eh ternyata, rhum ini adalah jenis minuman keras yang kadar alkoholnya mencapai 20% - 30% loh sob. Busheet. Tinggi juga ya?

Rhum ini justru banyak digunakan oleh restoran atau kafe berkelas sob. Maklum, mungkin yang punya orang bule yang udah akrab dengan alkohol. Tapi, waspadalah dengan aneka suguhan termasuk minuman seperti lemon squash, orange float, dan aneka makanan lain yang namanya mungkin sedikit asing. Tanyakan saja apakah minuman itu mengandung rhum atau tidak. Rhum pada minuman memang bisa menimbulkan sensasi khas yang menyegarkan saat diteguk.

Ow ya, pada berbagai coklat dan permen impor pun juga banyak loh yang mengandung rhum. Bahkan rhum ini pula yang berada pada minuman keras seperti brandy dan vodka sob. Hadeuh.

6. Arak putih dan anggur beras ketan

Arak putih dan anggur beras merah ini nih sob yang sering dipakai pada makanan – makanan yang dibakar. Bahan ini memang punya kemampuan spesial dalam menghilangkan bau amis, melunakkan, mengempukkan juga menghadirkan aroma khas yang menggoda. Ya, seperti pada ikan – ikan bakar atau daging panggang yang harum dan lezat itu.

Biasanya, bahan makanan ini direndam dulu dalam khamr ini sebelum dibakar. Yang paling banyak menggunakannya sih biasanya masakan dari restoran Jepang atau restoran China. Tapi, memang tak semua yang dibakar diberi ini nih sob. Sayangnya, agak sulit juga untuk membedakan mana yang pakai dan mana yang tidak. Karena untuk membuat daging lunak pun memang tak harus menggunakan khamr ini. Misalnya saja bisa dilakukan dengan enzim papain dari daun atau getah pepaya.

Eh Ternyata, banyak juga ya sob, makanan atau minuman yang mengandung alkohol alias khamr. Yang penting, tetap berwaspada saja ya sob buah kamu yang memang menghindari konsumsi khamr.


Sumber: majalah aulia

Bagikan

Jangan lewatkan

Daftar Alkohol atau Khamr yang Sering Dipakai dalam Masakan dan Minuman
4/ 5
Oleh